Cara Daftar Kartu Prakerja Yang Simpel dan Mudah

3 bulan lalu, by Digitek

Cara daftar kartu prakerja

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja sudah mengumumkan pembukaan gelombang 16 pada 25-28 Maret 2021. Bagi yang baru bergabung, kami berikan informasi mengenai cara daftar kartu prakerja yang simpel dan mudah.

Jumlah kuota yang ditetapkan kali ini adalah 300.000. Dengan dibukanya gelombang 16 ini, kuota Kartu Prakerja di semester I 2021 sudah terpenuhi.

Pemerintah sendiri menargetkan kuota peserta di semester I tahun 2021 sebanyak 2,7 Juta. Terhitung mulai dari gelombang 12 hingga 15 sebanyak 600.000 peserta di tambah gelombang terakhir ini 300.000 peserta.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Bagi yang tertarik untuk mengikuti pogram Kartu Prakerja, sebelum melakukan pendaftaran, pastikan untuk memenuhi syaratnya. Berikut persyaratannya :

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimal berusia 18 tahun
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Bukan penerima program bantuan sosial (bansos) pemerintah
  • Tidak berstatus sebagai TNI / POLRI, Aparatur Sipil Negara (ASN), bukan Anggota DPR/D atau BUMN/D

Cara Daftar Kartu Prakerja yang Simpel dan Mudah 2021

Jika kamu memenuhi syarat yang sudah ditetapkan diatas, saatnya untuk melakukan pendaftaran. Berikut langkah-langkahnya:

1. Membuat Akun Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja yang Simpel dan Mudah

via Prakerja.go.id

Bagi kamu yang belum memiliki akun, silahkan mengunjungi laman resmi prakerja yang beralamatkan di https://prakerja.go.id untuk membuat akun. Berikut cara mendaftar selengkapnya:

  • Masuk ke laman https://prakerja.go.id dan pilih menu buat akun
  • Nantinya, kamu akan diminta untuk mengisi alamat email yang digunakan untuk akun prakerja dan juga password atau kata sandi
  • Kemudian, Prakerja akan meminta verifikasi email. Cek email masuk dan lakukan verifikasi
  • Pendaftaran berhasil dan sekarang kamu sudah punya akun Prakerja

2. Melengkapi data Diri

Cara Daftar Kartu Prakerja yang Simpel dan Mudah

via Prakerja.go.id

Setelah mempunyai akun, langkah selanjutnya adalah melengkapi data diri. Berikut caranya:

  • Kunjungi laman https://prakerja.go.id dan pilih login
  • Masukkan email dan kata sandi yang dibuat tadi
  • Setelah berhasil masuk, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi data diri dengan memasukkan Nomor Induk KTP atau NIK
  • Lanjutkan dengan melengkapi formulir yang diberikan mulai dari nama lengkap, alamat email, nomor telepon yang masih aktif, nomor Kartu Keluarga, alamat tempat tinggal lengkap, pendidikan, jumlah tanggungan, dan status pernikahan dan status perkerjaan.
  • Di bagian akhir, kamu akan diminta untuk upload KTP. Pastikan foto yang diupload jelas dan tidak buram. Gunakan foto dengan resolusi yang tidak terlalu besar, maksimal 1MB saja. Untuk mengurangi resolusi, kamu bisa mengubahnya dengan bantuan Ms Paint atau aplikasi lainnya.
  • Jika foto sudah berhasil diunggah, klik berikutnya.
  • Nantinya, kamu akan diminta memasukkan kode OTP yang sudah dikirimkan via SMS ke nomor yang sudah didaftarkan tadi
  • Cek SMS masuk dan input kode OTP di kotak yang sudah disediakan
  • isi pernyataan yang membenarkan bahwa kamu bukan termasuk ASN, TNI/POLRI, anggota DPR/D atau pihak lain yang dikecualikan.

3. Mengikuti Tes dan Gabung ke Gelombang yang Tersedia

Cara Daftar Kartu Prakerja yang Simpel dan Mudah

via Prakerja.go.id

Jika data diri sudah lengkap, berikutnya kamu akan diminta untuk mengerjakan tes kemampuan dasar dan motibasi sebanyak 18 Soal dengan waktu selama 15 menit. Tenang saja soalnya mudah seperti matematika SD. Berikut caranya:

  • jawab pertanyaan satu per satu dengan sebaik mungkin, meskipun tidak mempengaruhi kelolosan kamu.
  • Jika sudah, klik “Gabung” pada gelombang yang sudah tersedia (saat ini tersedia gelombang ke enambelas)
  • Nantinya, status akan berubah menjadi “sedang evaluasi”
  • Tunggu hingga tanggal pendaftaran berakhir, biasanya setelah satu atau dua hari pendaftaran berakhir, lolos tidaknya akan diumumkan.
  • Kamu bisa mengecek diterima tidaknya dengan mengecek dashboard akun Prakerja. Jika lolos, nantinya ada ucapan “Selamat datang…” dan tertera nomor Kartu Prakerja kamu. Sementara jika tidak lolos dashboard akun akan tertulis “Kamu belum berhasil 🙁
prakerja

via Kompas

Waspada Situs Prakerja Palsu

Beberapa waktu lalu sempat muncul situs Prakerja palsu yang beralamatkan di Prakerja.vip. Banyak masyarakat yang terkecoh dan sempat mendaftar.

Padahal ini cukup berbahaya mengingat situs tersebut meminta data-data penting dari peserta. Karena itulah, jika disodorkan situs tidak jelas, jangan ditelan mentah-mentah dan langsung percaya saja.

Cek dahulu kebenarannya apakah memang resmi atau palsu. Jika sudah terlanjur mendaftar di situs scam, pengguna nantinya yang dirugikan. Salah-salah data pengguna nanti akan disalah gunakan.

Tips Mengikuti Program Kartu Prakerja 2021

Selain cara daftar kartu Prakerja yang simpel dan mudah, kami akan memberikan tips bagi kamu yang mengikuti program ini.

Untuk memudahkan pendaftaran, berikut sejumlah tips yang bisa kamu terapkan:

1. Gunakan Email Profesional

Tips mendaftar kartu Prakerja pertama adalah menggunakan email yang profesional. Bukan email perusahaan bukan, melainkan email biasa tetapi menggunakan nama asli kamu, bukan nama-nama aneh.

Hal ini untuk memastikan bahwa kamu adalah orang asli bukan robot yang berusaha masuk. Dengan mengunakan email atas nama sendiri, artinya kamu benar-benar niat untuk mengikuti program ini, tidak asal-asalan atau iseng.

2. Siapkan KTP dan Dokumen Lain yang Dibutuhkan

Sebelum membuat akun, kamu juga perlu menyiapkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan. Meliputi foto KTP yang akan diupload nantinya dan juga Nomor KK.

Siapkan juga email aktif dan nomor hp aktif untuk verifikasi akun Prakerja. Jangan sampai menggunakan nomor hp yang sudah mati ya karena akan kesulitan nantinya.

Banyak kasus penerima kartu Prakerja yang mendaftar dengan nomor hp yang sudah hangus. Hasilnya, intensif mereka tidak bisa mengikuti pelatihan dan tidak bisa mendapatkan intensif.

Ini penting untuk menghemat waktu dan agar kamu tidak berlama-lama berada di halaman pendaftaran. Sebab, situs Prakerja seringkali mengalami down server akibat membludaknya pengunjung.

Dengan mempersiapkan KTP dan data yang dibutuhkan lainnya, kamu hanya bisa melengkapi data diri dengan cepat. Pastikan data yang dimasukkan benar dan tidak salah ketik ya.

4. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Karena seluruh proses pendaftaran Kartu Prakerja ini dilakukan secara online, maka koneksi internet mutlak dibutuhkan. Tiap orang mempunyai cara masing-masing entah intu menggunakan WiFi super cepat atau kuota Internet.

Bagaimanapun itu, pastikan sinyal internet saat kamu melakukan pendaftaran lancar dan memadai. Hal ini agar tidak menghambat kamu saat melakukan proses pengisian data dan verifikasi.

5. Coba Lakukan Pendaftaran Malam Hari

Seringkali situs Prakerja down karena banyak yang mengakses dalam waktu bersamaan. Untuk menghindari hal itu, kamu bisa mengakses situs saat malam hari.

Hal ini untuk menghindari banyaknya pengunjung yang membuka situs tersebut. Saat malam hari, website cenderung mudah diakses dan tidak lemot.

Penutup

Itulah ulasan mengenai cara daftar Kartu Prakerja yang simpel dan mudah serta agar proses pendaftaran akun Prakerja berjalan lancar.

Jika kamu belum punya akun, masih ada waktu dua hari langi hingga 28 Maret 2021 sebelum pendaftaran ditutup. Jangan sampai ketinggalan karena ini merupakan gelombang terakhir di semester 1 tahun 2021.

Banyak-banyak berdoa agar kamu bisa lolos ya. Karena sejatinya tidak ada trik khusus untuk bisa lolos, tergantung hoki seseorang saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *