12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar Terbaik Buat Meeting Online

3 bulan lalu, by DigiTek ID

Aplikasi video call terbaik

Work from Home (WFH) nggak semata-mata kerja sendiri kan? Kamu pasti butuh rekomendasi aplikasi video call terbaik yang bisa kamu gunakan buat meeting online bareng teman kantor, entah itu gratis ataupun berbayar!

Adanya kebijakan pemerintah dan internasional tentang Work From Home atau kerja dari rumah ini kadang-kadang bikin komunikasi dalam pekerjaan nggak efektif.

Nggak cuman di sektor bisnis, sektor pendidikan dan pemerintah juga butuh banget aplikasi video call yang bisa bantu mereka mempermudah dan menyelesaikan pekerjaan.

WhatsApp video call nggak support banyak orang sekaligus. Pakai Zoom terkendala gara-gara ukurannya besar!

Terus, aplikasi video call apa yang cocok buat kamu? Yang sekiranya gratis dan bisa dipakai banyak orang sekaligus!

Penasaran kan?

Check it out ya!

Aplikasi Video Call Terbaik Gratis dan Berbayar 2020

Mungkin kalau browsing di Google, kamu bisa langsung nemu berbagai aplikasi video conferencing. Sayangnya, kamu nggak tau mana yang terbaik dan cukup buat kebutuhan kamu.

So, daripada salah pilih dan jadi bencana, mending langsung aja yuk pakai salah satu aplikasi keren ini!

Aplikasi Video Call dan Conferencing Gratis

1. Zoom Meeting

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020 | Zoom Meeting

Ini nih aplikasi video call dan meeting yang paling populer saat ini!

Jangan heran ya sama fakta ini. Soalnya, Zoom dilengkapi dengan berbagai fitur gratis dan terbaik! Selain video conferencing atau rapat, kamu juga bisa pakai Zoom buat instant messaging. Bahkan, messaging bisa kamu lakukan saat video sedang berlangsung!

Hadir dengan versi desktop dan mobile app, kamu bakal dipermudah dengan sistem easy and quick use!

Kalau pakai versi gratis, kamu cuman bisa menikmati beberapa fitur aja. Tapi kalau udah upgrade plan ke berbayar, tentu aja kamu bakal dapat fitur penuh, antara lain:

  • Kualitas Video HD
  • Audio terbaik
  • Support sampai 1000 partisipan dalam sekali waktu
  • Support 49 shared screen
  • Meeting bisa disimpan di Cloud
  • Tersedia transkripsi dalam video
  • Kolaborasi dengan sistem share screen
  • Keamanan tinggi dengan sistem enkripsi 256 bit
  • Bisa dijadwalkan dengan auto untuk Gmail, Yahoo, dan iCal

Sayangnya, biaya buat semua itu juga nggak murah. Kamu harus subscribe $14,99 buat plan Team atau $19,99 buat plan Bisnis.

Mau coba sekarang trial dan plan gratisnya?

Download Zoom Meeting via Play Store

Download Zoom Meeting via App Store

2. Skype

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020 | Skype

Siapa sih yang nggak kenal sama aplikasi satu ini. Bisa dibilang sih kalau Skype adalah salah satu pioneer video calling di dunia.

Selain sama keluarga, kamu juga bisa melakukan meeting dengan 50 orang sekaligus!

Nggak cuman disitu aja, kamu juga bisa pakai langsung dari website. Jadi, nggak usah repot-repot install aplikasi dan lain sebagainya cuman buat video call dan chatting.

Ada juga fitur blur background serta sharing screen yang bantu partisipan buat fokus ke siapa yang lagi ngomong. Bahkan, ada juga fitur live subtitle serta chat recording loh!

Kalau emang butuh yang lebih powerful, kamu bisa langsung upgrade ke plan Bisnis yang berbayar. Diantaranya, kamu bisa menikmati fitur integrasi dengan Office, keamanan yang lebih kuat, serta jumlah partisipan sampai 250 orang.

Download Skype via Play Store

Download Skype via App Store

3. 8X8 Video Meeting

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020 | 8X8 Video Meeting

Kalau cari aplikasi video meeting dan conferencing gratis selain Zoom, 8×8 Video Meeting ini juga keren abis loh!

Yang lagi rame banget dibicarakan nitizen itu gara-gara fitur integrasi calendar yang super praktis! Ditambah lagi, ada integrasi langsung dengan Office 365, Google Chrome, Firefox, serta Google Calendar bikin kamu bisa melakukan meeting kapanpun!

Nggak cuman itu aja. Kamu juga bisa menikmati fitur share screen biar audience bisa melihat presentasi kamu. Ada juga fitur ‘angkat tangan’ serta live chatting biar video call makin hidup.

Bahkan, ada juga loh fitur record live streaming. Dan semua itu bisa kamu dapatkan gratis!

Keren kan?

Kalau meeting sama orang luar negeri dan nggak ngerti Bahasa Inggris, kamu bisa upgrade ke plan berbayar biar dapat fitur subtitle.

Download 8×8 Video Meeting via Play Store

Download 8×8 Video Meeting via App Store

4. Cisco Webex Meeting

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020 | Cisco Webex Meeting

Kalau udah dengar nama Cisco, udah pasti video conference yang dihasilkan berkualitas banget. Nggak usah pakau Plan berbayar, cukup plan free aja, semua udah bisa kamu milikin!

Kamu bisa meeting dengan 100 orang secara langsung. Nggak lupa juga, ada fitur screen sharing yang bisa kamu maksimalkan hasilnya ya.

Waktu udah daftar, kamu bakal langsung dikasih URL personal yang bisa buat melihat semua rekaman, meeting, serta menjadwalkan meeting. Nggak usah bingung karena memory nggak cukup, kamu bisa langsung pakai webiste nya kok buat meeting!

Singkatnya, ini nih yang bakal kamu dapatkan kalau milih plan Free:

  • Penyimpanan Cloud 1 GB
  • Unlimited durasi video call
  • Merekam hasil meeting
  • Keamanan dengan enkripsi tingkat 256 TLS

Download Cisco Webex Meeting via Play Store

Download Cisco Webex Meeting via App Store

Aplikasi Video Call Berbayar

5. GoToMeeting

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020 | GoToMeeting

Mungkin aplikasi ini masih asing banget di Indonesia ya. Padahal, GoToMeeting udah jadi salah satu pioneer dan solusi buat nitizen luar negeri loh!

Sama kayak Zoom Meeting, GoToMeeting juga punya kualitas audio dan video HD, lengkap dengan fitur screen sharing. Selain itu, kamu juga bisa langsung mulai meeting dari aplikasi HP.

GoToMeeting juga dilengkapi dengan fitur one-tap-invite. Lengkap dengan fitur support 150 partisipan dalam sekali meeting, kamu bisa menikmati layanan GoToMeeting ini dengan harga terjangkau, yaitu sekitar $14 atau $12 per bulan yang dibayar per tahun.

Selain itu, kalau kamu pilih plan yang $19 per bulan ($16 kalau dibayar per tahun), aplikasi video call satu ini bisa support sampai 250 partisipan serta beberapa admin dan fitur sharing mouse.

Ada juga plan Enterprise dimana jumlah partisipannya bisa sampai 3000 orang sekaligus. Nggak ketinggalan, connect kan juga HP kamu ke sistem cloud ya biar hasil meeting bisa di-save online ya.

Download GoToMeeting Play Store

Download GoToMeeting App Store

6. CyberLink U Meeting

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020 | CyberLink U Meeting

Nggak ketinggalan dengan Zoom Meeting, CyberLink juga bisa jadi solusi buat kamu kalau mau dapat layanan pro. Pilih sendiri aja ya salah satu dari plan yang ada. Kayak gini nih penjeleasannya.

  • Plan Basic yaitu layanan meeting gratis. Plan ini support 25 partisipan dengan durasi meeting maksimal 30 menit per session.
  • Plan Pro dengan harga sekitar $29,99 per bulan. Layanan yang kamu dapatkan antara lain 50 partisipan, durasi meeting maksimal 24 jam per session, Perfect Cam serta beberapa tools admin.
  • Plan Pro 100 yang harganya sekitar $49,99 per bulan. Disini, kamu bakal dapat semua fitur yang ada di Plan Pro serta tambahan partisipan menjadi 100 orang.
  • Plan Enterprise yang pasti bakal cover semua layanan di semua plan tadi ya. Termasuk juga fitur analisa meeting, end-to-end encryption, serta premium customer service support. Kalau mau tau harganya, kamu harus kontak admin dulu ya.

Asal kamu tau, PerfectCam itu adalah fitur yang bisa kamu manfaatkan buat menambah virtual environment di hasil kamera.

Selain itu, U Meeting ini juga nggak menyediakan aplikasi mobile kayak yang lain. Jadi, udah bener-bener web-based ya. Terus, kalau semisal ada masalah, kamu bisa request sistem VoIP buat dial meeting.

Visit CyberLink U Meeting

7. BlueJeans Meeting

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020 | BlueJeans Meeting

BlueJeans adalah salah satu perusahaan yang paling populer dengan markas utama di California. Perusahaan ini juga menyediakan platform video conferencing dengan metode cloud-based.

Ada 3 tier atau plan yang bisa kamu pilih disini.

  • Plan Me yang bisa kamu dapatkan dengan harga sekutar $14,99 per bulan yang dibayar per tahun. Plan ini didukung dengan sistem 50 peserta, connect ke device komputer, Android, dan iOS serta semua device lain dengan nomor dial-in yang sama.
  • Plan My Team dengan haraga $19,99 per bulan dan dibayar per tahun. Tentunya, plan ini udah support semua fitur yang ada di plan sebelumnya, plus ada juga fitur Dashboard center, 75 partisipan, dan 10 jam recording cloud meeting.
  • Plan My Company yang bisa kamu dapatkan dengan tawar-menawar dan menghubungi admin. Fitur yang kamu dapatkan antara lain sistem koneksi H.323 room, calendar serta 150 partisipan.

Emang sih BlueJeans nggak menyediakan fitur Plan gratis. Tapi kerennya, kamu bisa menikmati fitur free trials 14 hari. Bahkan, kamu udah bisa melakukan konferensi atau meeting dan rapat ke lebih dari 40 negara di dunia.

Mungkin aja sih BlueJeans ini punya fitur yang lebih dikit daripada kompetitor lainnya. Tapi, setidaknya, fitur support Dolby Audio yang worth it banget meski masuk di plan Basic.

Daftar BlueJeans

8. Google Meet

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020 | Google Meet

Coba deh tebak, aplikasi mana ini?

Dulunya sih aplikasi ini dikenal dengan nama Google Hangout yang udah jadi aplikasi bawaan tiap Android baru.

Baru-baru ini dikatakan kalau Google Hangout lebih fokus ke bisnis. Jadi, partisipan nggak perlu lagi nunggu lama buat melakukan video conferencing.

Google Meet sekarang diperkuat dengan sistem web-based. Selain itu, sistem Google Meet juga di-support oleh nomor telepon yang bikin proses makin simple dan keamanan kuat.

Kalau emang kamu butuh yang mobile, langsung aja download aplikasi Google Meet di Play Store dan App Store ya.

Google Meet juga udah punya sistem SIP dan standard H.323 buat user Skype for Business. Ditambang lagi, Meet ini juga udah compatible sama Cisco, Lifesize, sampai Polycomm.

Nggak ketinggalan, kamu juga bisa akses Google Calendar yang efektif banget buat mengatur jadwal meeting, sign up user yang mau join sampai nge-set informasi tentang event itu.

Kerennya, kamu nggak usah banyak keluarkan budget buat dapatkan semua fitur ini. Lihat deh Plan Pricing nya:

  • Google Suit Basic: $6 per bulan
  • Google Suit Business: $12 per bulan
  • Google Suit Enterprise: $25 per bulan

9. Lifesize

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020 | Lifesize

Ini nih ada lagi aplikasi video call yang powerful banget. Hampir sama kayak aplikasi video conferencing lainnya, Lifesize juga menawarkan fitur video endpoint dengan kualitas terbaik, touch screen conference room, serta cloud-based meeting.

Pilih aja salah satu dari 3 plan Lifesize ya:

  • Lifesize Standard: Kamu bisa melakukan video meeting dengan 100 orang, support SSO atau Single Sign On dan Personal meeting, chat serta messaging. Harganya sekitar $16,99 per bulan.
  • Lifesize Business: Fitur yang bisa kamu akses antara lain, video call dengan 300 orang sekaligus, integrasi sistem dengan Microsoft, insight meeting real-time, Support email dan HP serta recording cloud-based dengan durasi 1 jam. Harganya, $14,95 per bulan.
  • Lifesize Enterprise: Dimana kamu bisa menikmati unlimited video call dan video recording, partisipan sampai 1000 orang, branding dan setting custom sampai premium support. Harganya sekitar $12,95 per bulan.

Kayak yang kamu lihat, aplikasi video conferencing satu ini nggak menyediakan plan Free ya. Sebagai gantinya, kamu bakal dibekali sama Lifesize Go yang bisa kamu pakai gratis via webiste dengan 8 partisipan maksimal dan unlimited video call.

Spesialnya, Lifesize ini bisa kamu pakai dengan device dan sistem apapun ya. Jadi, nggak harus tergantung sama fitur built-in cameranya.

10. Click Meeting

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020 | Click Meeting

Ini nih aplikasi video call serta video conferencing terbaik dan terlengkap yang pernah kita coba. Kamu bisa akses semua fitur pro buat presentasi dan meeting, termasuk:

  • Sharing screen
  • Slideshow dan video
  • Online collaboration
  • Slide taking over
  • Tanya jawab real time
  • Polling online dan real time

Jadi, kamu bisa kolaborasi sampai menyerahkan sisa presentasi ke audience. Salah satu audience bisa langsung ambil alih materi yang sedang kamu bicarakan. Cocok banget deh kalau buat hosting webinar.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati fitur analisa dan marketing tools yang keren abis! Jadi, kamu bisa tancapkan Facebook Pixel ke landing page itu atau bahkan menyambungkannya dengan Google Analytics.

Sambil webinar, sambil show off website kan keren banget tuh!

Bahkan, aplikasi keren ini juga udah bekerja sama dan punya fitur integrasi dengan media lainnya, kayak DropBox buat menyimpan hasil meeting ke sistem Cloud sama Zapier buat connect ke email marketing.

So, pilih sendiri aja plan nya ya …

  • Free Trials 7 hari
  • Click Meeting Live $25 per bulan
  • Click Meeting Automated $40 per bulan
  • Click Meeting Enterprise Custom atau menghubungi admin dulu

Coba Click Meeting Online

11. Microsoft Teams

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020 | Microsoft Teams

Tau sendiri kan ini darimana?

Cuman dengan aplikasi satu ini, kamu bisa mengadakan meeting personal dan group! Bahkan peserta nya bisa sampai 1.000 orang sekaligus!

Integrasi penuh dengan Microsoft 365, kamu bisa menikmati jadwal otomatis dan mengudang tamu dari organisasi lainnya.  Tentu dengan fitur yang hampir sama kayak kompetitior, antara lain:

  • Screen sharing
  • Call recording
  • Blur background
  • Live Caption
  • Online chatting

Kerennya, kamu nggak usah download aplikasi apapun. Langsung aja kunjungi website nya dan mulai meeting sama teman dan pekerja organisasi manapun.

Kalau emang dirasa perlu, download apa aplikasi mobile nya biar tambah praktis.

Bahkan waktu di rumah atau berkendara, kamu bisa pakai fitur Bluetooth headset biar meeting tetap jalan. Overall, Microsoft Teams ini adalah aplikasi terbaik buat meeting para pelaku bisnis dan enterprise.

Download Microsoft Teams via Play Store

Download Microsoft Teams via App Store

12. RingCentral Video

Aplikasi video call terbaik

12 Aplikasi Video Call Gratis dan Berbayar 2020 | RingCentral Video

Sama kayak aplikasi lainnya yang berbayar, RingCentral Video juga punya beberapa plan dengan keuntungan yang berbeda juga. Yang pasti, aplikasi ini punya fitur jadwal video call dan recording Cloud, screen sharing serta instant messaging dan chatting.

Bahkan kerenya, RingCentral Video juga punya integrasi keren sama Microsoft 365, Slack dan G Suite. Jadi, kamu bisa langsung mulai meeting atau video call dari salah satu aplikasi integrasi itu.

Fitur inilah yang bikin aplikasi keren ini cocok banget buat bisnis sekaligus kolaborasi sama sesama kreator atau partner kerja.

Nggak cuman itu aja, kamu juga bisa menikmati dashboard dengan fitur:

  • Monitoring penggunaan platform secara periodik
  • Mengatasi masalah IP dan pinpoint, ISP, Network, dan Endpoint
  • Fitur analisa mendalam buat performa meeting

Overall, RingCentral kasih kontrol penuh terhadap meeting yang kamu bikin. Nggak cuman itu aja, kualitas video juga udah bisa dipastikan.

Plan RingCentral Video Meeting:

  • Free
  • Essential: harga $14,99 per bulan dengan berbagai macam fitur
  • Advanced: Harga $19,99 per bulan khusus buat bisnis besar dengan fitur penuh yang disediakan

Daftar RingCentral Meeting

Kesimpulan

Gimana nih? Udah nggak bingung lagi kan mau pilih aplikasi video call yang mana untuk meeting online?

Saran kita sih, janjian dulu sama teman-teman ya biar aplikasi ini bisa dipakai. Soalnya, nggak mungkin dong kalau pakai aplikasi yang berbeda.

So, mungkin itu aja ya sharing kita kali ini. Semoga bisa bantu kamu semua dalam aktivitas selama masa karantina Covid-19 ini ya.

Nantikan terus info paling update dari kita seputar teknologi dan digital hanya di Digitek.id!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *