10 Aplikasi Screen Recorder Terbaik 2019 Untuk Handphone dan PC

Aplikasi game recorder terbaik 2019 - Mobizen Screen Recorder – Record, Capture, Edit

2 minggu lalu

Seiring perkembangan teknologi saat ini khususnya YouTube, memunculkan banyak sekali YouTuber baru yang mengupload konten mereka dalam format video dengan tujuan mendapatkan penghasilan melalui AdSense. Salah satu teknologi yang digunakan dan cukup trend saat ini adalah penggunaan aplikasi screen recorder dan kali ini DigiTek.id akan membahas 10 aplikasi screen recorder untuk handphone dan PC terbaik di tahun 2019.

Screen Recorder adalah sebuah aplikasi yang biasanya digunakan untuk merekam aktifitas yang ada di smartphone dan juga PC kita. Tujuannya adalah untuk dokumentasi atau membuat sebuah video tutorial untuk memperjelas suatu pekerjaan tertentu.

Sebagai contoh anda pasti pernah melihat sebuah video entah itu di platform YouTube ataupun mana saja, yang menjelaskan sesuatu atau bahkan bermain game tertentu. Nah, biasanya mereka menggunakan Screen Recorder untuk merekam aktifitas yang ada pada PC yang kemudian mereka jadikan video nantinya.

Anda penasaran 10 aplikasi Screen Recorder untuk handphone dan PC terbaik 2019? Simak baik – baik artikel kali ini ya?

Aplikasi Screen Recorder Untuk PC Terbaik 2019

Pertama kita akan membahas mengenai aplikasi screen recorder di PC yang sering digunakan oleh para YouTuber dan content creator lainnya. Berikut ini adalah daftar aplikasi screen recorder untuk PC terbaik pilihan kami.

1. Open Broadcaster Software (OBS)

Aplikasi Screen Recorder Terbaik 2019 - Open Broadcaster Software

Photo via obsproject.com

Salah satu aplikasi Screen Recorder yang sangat populer digunakan oleh para streamer game dan juga content creator untuk beberapa platform seperti youtube dan facebook. Open Broadcaster Software merupakan salah satu aplikasi Screen Recorder untuk PC terbaik yang layak anda coba. OBS bisa anda gunakan secara gratis dengan mendownload kemudian menginstallnya di PC.

Fiturnya juga beragam, selain Screen Recorder, anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk live streaming untuk berbagai platform seperti youtube, facebook, dan lain – lain. Dilengkapi dengan fitur audio yang support dengan berbagai fitur seperti eksternal mic, dan mixing suara.

Kelebihan Open Broadcaster Software (OBS):

  • Gratis untuk digunakan tanpa adanya watermark.
  • Berbagai fitur yang lengkap (Eksternal Mic, eskternal webcam, Live Streaming, Teks dan background beragam).
  • Dapat merekam dalam berbagai format denga kualitas HD (FLV, MP4).
  • Merekam beberapa screen

2. ACTION!

Aplikasi game recorder terbaik 2019 - ACTION

Photo via actionrecorder.com

ACTION! Adalah sebuah software untuk PC yang berfungsi merekam aktifitas yang ada di dalam PC. Aplikasi yang satu ini cukup ringan dan bisa digunakan untuk PC yang memiliki spesifikasi menengah dan rendah. Dengan mode greenscreen, anda bisa menempatkan background yang menarik di dalam video. Selain itu action juga memberikan fitur audio yang cukup keren, dimana anda bisa merekam suara yang sedang anda dengar.

Fitur – fitur yang diunggulkan oleh Action:

  • Kualitas perekaman HD dengan resolusi 1080 pixels di berbagai format, contoh: AVI, MP4.
  • Tersedia fitur live streaming secara langsung di berbagai platform youtube, twitch dan juga facebook.
  • Export di berbagai format video yang populer.
  • Software lebih ringan.

3. VLC Media Player

Aplikasi game recorder terbaik 2019 - VLC Media Player

Photo via vrscout.com

Mungkin beberapa dari anda sudah mengetahui software VLC Media Player. VLC Media Player memang dikenal digunakan untuk memutar video dengan berbagai format, tapi siapa sangka ternyata VLC Media Player juga bisa dijadikan sebagai screen recorder untuk PC juga.

Hal ini merupakan sebuah kelebihan untuk VLC Media Player karena aplikasi yang satu ini sangatlah ringan untuk digunakan, dan sudah banyak digunakan di komputer PC. Terdapat berbagai fitur manual yang bisa anda atur sendiri di VLC Media Player, mulai dari kualitas video, framerate dan bitrate.

Selain digunakan untuk screen recorder, VLC Media Player juga bisa digunakan untuk mengkompress video dan mengubah ke ekstensi yang berbeda.

Kelebihan VLC Media Player:

  • Aplikasi yang sangat ringan untuk digunakan.
  • Sangat mudah dalam penggunaannya sehingga sangat cocok untuk pemula.
  • Walaupun tidak ada fitur untuk live streaming, pengaturannya cukup mudah untuk framerate, codec, output.

4. XSplit Gamecaster

Aplikasi game recorder terbaik 2019 - XSplit Gamecaster

Photo via xsplit.com

Bagi para gamer dan pecinta game mungkin ada beberapa dari anda yang sudah tahu mengenai XSplit gamecaster. Untuk beberapa gamer screen recorder yang satu ini cukup populer dan juga kerap dijadikan salah satu alternatif untuk screen recoder pada PC. Keunggulan dari XSplit gamecaster memiliki fitur yang sangat unggul dalam hal streaming, terlebih untuk aktifitas bermain game.

Kelebihan XSplit Gamecaster:

  • Mode dan fitur yang ditawarkan banyak dan sangat cocok untuk digunakan oleh orang – orang yang masih pemula.
  • Fitur editing secara langsung setelah melakukan perekaman tanpa harus editing di software terpisah sepert di adobe premiere dan software editing lain.
  • Menyediakan fitur live streaming di berbagai platform seperti facebook dan juga youtube, dan platform lainnya.

5. Cam Studio

Photo via camstudio.org

Cam studio merupakan sebuah software gratis yang bersifat open source. Bisa digunakan dalam aktifitas game dan juga perekaman lainnya. Berbagai output dan hasil video juga bisa dihasilkan, seperti AVI, Mp4, FLV, dan lain – lain. Screen Recorder yang satu ini juga sangatlah ringan untuk digunakan dan memiliki komunitas yang cukup aktif karena merupakan sebuah software open source.

Kelebihan dari Cam Studio:

  • Open Source, yang berarti merupakan aplikasi dengan fitur lengkap yang gratis.
  • Bisa digunakan untuk live streaming.
  • Memiliki komunitas aktif dengan berbagai dukungan dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait dengan kinerja software.
  • Di desain cukup ringan untuk digunakan PC yang memiliki spesifikasi rendah.

Aplikasi Screen Recorder Terbaik Untuk Handphone

Setelah melihat aplikasi Screen Recorder terbaik untuk PC kemudian kita akan membahas Screen Recoder untuk handphone dan juga smartphone. Screen recorder ini berguna untuk merekam kegiatan yang dilakukan di smartphone anda. Biasanya digunakan untuk merekam aktifitas streaming game, dan merekam aktifitas lain di smartphone.

Nah langsung kita simak aplikasi screen recorder untuk smartphone terbaik.

6. ScreenCam Screen Recorder

ScreenCam merupakan sebuah aplikasi screen recorder untuk handphone yang dikembangkan oleh Orpheusdroid Apps. Aplikasi yang satu ini tergolong sangat ringan untuk diinstall di smartphone android anda, hanya dengan 1.7 Mb awal penyimpanan anda sudah bisa menikmati fasilitas screen recording di smartphone dan handphone kesayangan anda.

Kelebihan dari ScreenCam Screen Recorder:

  • Tidak ada iklan (biasanya kebanyakan aplikasi gratis menggunakan iklan).
  • Record Audio dari Mic.
  • Terdapat berbagai pilihan FPS (up to 60 FPS, yang menjadikan video anda akan sangat smooth).
  • Pause dan Juga Play ketika proses perekaman.

7. Screen Recorder V Recorder – Audio, Video Editor

Aplikasi game recorder terbaik 2019 - Screen Recorder V Recorder – Audio, Video Editor

Photo via play.google.com

Salah satu aplikasi yang cukup populer di google playstore ini sudah terdownload sebanyak 10 juta kali, dengan rating yang cukup bagus yaitu 4,6. Selain digunakan untuk screen recorder, Aplikasi ini juga memberikan sebuah fitur yang bisa digunakan secara langsung untuk mengedit video yang anda miliki. Untuk pemilihan frame rate juga terdapat berbagai pilihan sesuai dengan keinginan anda.

Kelebihan Screen Recorder V Recorder:

  • Memiliki berbagai pilihan frame rate (up to 60 FPS).
  • Sound yag cukup terdengar sangat jelas.
  • Edting yang bisa digunakan setelah proses perekaman.
  • Kualitas HD hingga 1080p.

8. AZ Screen Recorder

Aplikasi game recorder terbaik 2019 - AZ Screen Recorder

Photo via play.google.com

AZ Screen Recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar paling populer di Google Play Store yang dikembangkan oleh Hecorat dengan jumlah download sebanyak lebih dari 10 juta kali di Google Playstore. Selain mampu membuat video dalam format HD dan Full HD, aplikasi satu ini merupakan satu-satunya aplikasi screen recorder yang memiliki kemampuan untuk melakukan pause saat sedang merekam(cocok dalam pembuatan video tutorial). Anda diizinkan untuk menggunakan mik dan memasukkan audio bersamaan dengan saat merekam tampilan layar. AZ Screen Recorder juga tidak memaksa menampilakan watermark pada video yang telah anda buat.

Kelebihan dari AZ Screen Recorder:

  • Tidak adanya watermark untuk semua versi, dan iklan (jika anda upgrade ke versi berbayar).
  • Fitur editing sederhana yang mempercantik video setelah selesai merekam.
  • Pengaturan mudah dalam mengatur resolusi video, frame rate, dan bit rate.
  • Support dengan fasilitas rekaman suara dengan menggunakan mic.

9. Mobizen Screen Recorder – Record, Capture, Edit

Aplikasi game recorder terbaik 2019 - Mobizen Screen Recorder – Record, Capture, Edit

Aplikasi Screen Recorder yang sangat lengkap dan juga memiliki fitur yang keren ini dikembangkan oleh sebuah pengembang perangkat lunak bernama Mobizen. Sangat cocok untuk anda yang sering bermain game mobile dan ingin merekam gameplay game anda. Dengan kualitas video yang mencapai HD dengan resolusi hingga 1080p tentu anda akan menghasilkan sebuah video yang akan sangat berkualitas.

Kelebihan dari Mobizen Screen Recorder:

  • Kualitas video yang mencapai 1080p atau HD.
  • Frame rate up to 60 FPS.
  • Pemilihan memori bisa dilakukan di eksternal memori (eksternal SD card).
  • Fitur editing saat selesai melakukan perekaman.

10. Super Screen Recorder

Aplikasi game recorder terbaik 2019 - Super Screen Recorder

Photo via play.google.com

Super Screen Recorder adalah aplikasi screen recorder yang hadir dengan tampilan antarmuka yang ramah dan murah digunakan oleh user. Apa yang membuat aplikasi ini disukai adalah fitur yang menawarkan perekaman tanpa batas tanpa batas waktu dan memiliki editor video bawaan. Dengan Super Screen Recorder, anda diberikan rekaman berkualitas tinggi dengan berbagai resolusi, frame rate dan bit rate. Aplikasi satu ini juga menawarkan kemampuan untuk menambahkan watermark anda sendiri pada video yang anda buat dengan alasan copyright.

Kelebihan Super Screen Recorder:

  • Tampilan antarmuka mudah digunakan untuk pemula
  • Memiliki kemampuan recording tanpa batas
  • Memiliki opsi untuk menampilkan watermark
  • Aplikasi ini gratis

Itulah 10 aplikasi screen recorder untuk handphone dan PC terbaik di tahun 2019. Nah, dari ke sepuluh aplikasi memang tidak ada yang sempurna, namun setiap aplikasi dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang digunakan untuk merekam aktifitas anda di handphone maupun PC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *