Jangan Coba! 8 Aplikasi Bisnis Online Bikin Sukses!

1 tahun lalu, by digitek

aplikasi bisnis online

Yakin udah pilih jalan hidup sebagai pebisnis? Kalau emang begitu, pastikan untuk pakai aplikasi bisnis online handal yang bakal mengantarkan kamu ke kesuksesan. Jangan justru bunuh diri karena pusingnya mikir bisnis.

Faktanya, bisnis itu nggak sama dengan FTV! Menjalankan bisnis itu nggak cukup cuman duduk, chatting sama pacar, dan omset naik otomatis. Nggak banyak waktu luang yang kamu miliki untuk mengejar cinta.

Kalau udah ngomong bisnis, berarti kamu udah siap menanggung resikonya. Selalu sibuk, banyak pikiran, berani bertindak, dan siap menghadapi rintangan. Ditambah lagi jika udah punya banyak tim. Pastinya, kamu nggak cuman butuh mikir, tapi juga butuh komunikasi dan management.

Kira-kira sanggup nggak? Jangan sampai bisnis online kamu berakhir tragis seperti teman-teman kita. Hanya karena management nggak karuan, bisnis juga hancur.

Artinya, kamu butuh aplikasi bisnis online yang akan bantu mempermudah bisnis. Terus, apa aja aplikasi bisnis yang bisa bantu kamu? Check it out ya.

8 Aplikasi Bisnis Online Yang Bikin Sukses

Semua ketakutan kamu tentang gagal dalam bisnis bakal lenyap. Bisnis online akan berkembang pesat. Omset ratusan juta sesuai keinginan akan kamu dapatkan. Jika dan hanya jika 15 aplikasi bisnis online ini ada dalam daftar tools kamu.

Aplikasi Bisnis Online untuk Komunikasi

Komunikasi emang jadi satu element yang bisa dibilang ‘paling penting’ dalam sebuah organisasi. Terlebih untuk urusan bisnis online. Aplikasi komunikasi ini penting banget buat kamu yang punya team kerja remote.

1. Pushover

Menjalankan bisnis tentu bikin waktu tersita banyak. Bahkan, untuk mengangkat telfon aja sulit. Dengan begitu, chatting adalah salah satu jalan keluar atau solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah.

Aplikasi Bisnis Online untuk Komunikasi

Pushover source Make Use Of

Chatting bakal terjamin dengan Pushover. Tanpa system requirements, tanpa ribet proses install, Pushover jadi pilihan nomor satu semua device untuk menjalankan bisnis online.

Ditambah lagi adanya API dan integrasi di beberapa aplikasi, notifikasi bakal terkirim otomatis tanpa ribet. Bahkan dengan sistem API Pushover, notifikasi bisa kamu push dalam library HTTP.

Artinya, Pushover ini membantu kamu untuk mengirim pesan ke HP serta mengatur notifikasi dan pesan ke device lain dalam satu cloud system. 7.500 pesan bisa kamu kirim dan unlimited notifikasi untuk Android, iOS, dan desktop.

Fitur lengkap Pushover adalah:

  1. Segmentasi Kampanye
  2. Analitik
  3. Notifikasi Web dan Mobile
  4. Jadwal notifikasi
  5. Target Kontekstual

DOWNLOAD PUSHOVER OFFICIALS WEBSITE

2. Slack

Sama dengan yang pertama tadi, Slack juga fokus untuk mengirim pesan ke teman kerja. Bahkan disini, kamu bisa langsung memisahkan percakapan ke channel private atau group, atau bahkan DM langsung ke target.

Aplikasi Komunikasi Team Management

Slack source Slack.com

Fitur yang hampir sama dengan WhatsApp, Slack juga dilengkapi dengan sistem drag and drop, share foto, PDF dan file lain langsung dari chat. Nggak perlu takut rusak, AI Slack akan langsung meng-convert file itu sesuai dengan format Slack.

Slack juga dilengkapi dengan sistem auto archive dimana pesan kamu bakal otomatis tersimpan di archive. So, nggak perlu lagi pusing-pusing cari karena ketumpuk, kamu bisa langsung pakai fitur ‘Cari’.

Selain itu, sistem otomatis Slack juga dibekali dengan sistem filter. Jadi, pesan yang penting bakal selalu dapat notifikasi, sedangkan yang kurang penting bisa disimpan untuk nanti.

Fitur ‘rapi’ pemaksimal kerja Slack:

  1. Pin Pesan dan Link
  2. Mengatur dan Tracking Files dan Data
  3. Fitur ‘Search’ yang Advanced
  4. Shared Channel
  5. Pengaturan Side Bar dan Pesan Penting
  6. Navigasi dan Shortcut
  7. Reminder
  8. Fitur Integrasi RSS

DOWNLOAD SLACK OFFICIALS WEBSITE

3. Skype

Kita rasa sih pesan aja belum cukup untuk menyelesaikan semua masalah. Gimana jika ada masalah urgent yang mengharuskan kamu dan team untuk bertemu?

Aplikasi Team Communication Terbaik

Skype Video Call

Sype bisa jadi pilihan pertama. Udah ribuan kali kompetitor mencoba menggulingkan Sype dari tahta aplikasi video conference. Tapi nyatanya nggak ada yang berhasil mengalahkan aplikasi dengan 10 juta review di Play Store ini.

Dengan Skype, kamu bisa melakukan video call, voice call hingga 25 orang sekaligus. Tentunya, kamu juga bisa mengirim pesan teks, file, foto dengan kualitas yang sama, tanpa convert.

Bahkan Amazon Alexa bisa tersambung untuk memaksimalkan suara konferensi yang kamu adakan. Lengkapnya, fitur Skype bisa kamu lihat di bawah ini:

  1. Pesan instan dan history chat
  2. Voice Mail
  3. Fitur penggilan dengan nomor telepon dan Skype
  4. SMS Teks
  5. Fitur Aplikasi
  6. Skype Premium
  7. Hotspot
  8. Video Call dan Screen Sharing

DOWNLOAD APLIKASI SKYPE OFFICIALS

Aplikasi Management Bisnis Online

Selanjutnya, untuk memberi tugas masing-masing anggota team, nggak efektif banget kan kalau hanya dengan teks atau video call. Kamu perlu mengecek progress pekerjaan bawahan atau rekan kerja. Artinya, harus ada aplikasi khusus yang mengatur tugas dan pekerjaan.

1. Asana

Kita bisa tempatkan Asana sebagai aplikasi management bisnis online diurutan pertama karena beberapa faktor. Pertama, banyaknya fitur yang bisa kamu dapatkan. Selanjutnya, tentu tentang simple nya aplikasi ini.

Aplikasi Bisnis Online untuk Task management

Asana source JotForm

Asana memberikan fitur untuk melakukan planning dan membuat struktur pekerjaan jauh lebih simpel. Dengan menentukan prioritas, deadline serta menulis detail masing-masing pekerjaan.

Selain itu, kamu juga bsa melakukan tracking progress pekerjaan yang sedang dilakukan. Dengan fitur ini, semua progress team bisa terlihat, sehingga kamu bisa mengarahkan team untuk mencapai tujuan dengan baik.

Terakhir, fitur visual projek membantu kamu untuk menyesuaikan deadline. Jika ada plan yang berubah, geser dan ubah juga task atau tugas yang ada. Ditambah lagi ada fitur video yang bikin kamu bisa memberi visualisasi pekerjaan.

Fitur lengkap Asana bisa kamu lihat sebagai berikut:

  1. Management Pekerjaan, Tugas, dan Projek: termasuk dalam tampilan, deadline, timeline, hingga file transferring
  2. Komunikasi: meliputi comment, file proving, update status, hingga text rich
  3. Integrasi: Asana terintegrasi langsung dengan Google Drive, Dropbox, Box, Adobe Creative Cloud, Chrome, Litmus, Github, Zappier dan Harvest.

*untuk melihat secara detail fitur ini, silahkan langsung klik disini ya.

DOWNLOAD ASANA FULL VERSION OFFICIALS

2. Trello

Trello punya fungsi utama untuk melakukan monitoring terhadap semua pekerjaan yang dilakukan team. Dengan metode kolom dan ‘card’, semua tugas ter-representasi dan detail di masing-masing card.

aplikasi bisnis online untuk task management

Tampilan Tello

Kamu bisa menambah member, comment, lampiran file, deadline hingga stiker yang bisa mempresentasikan ide kamu. Bahkan, pekerjaan kamu juga dipermudah dengan adanya Butler, suatu AI yang melakukan automisasi dalam bidang ‘calendar & deadline command’, tigger berdasarkan tugas, tombol custom.

Fitur Trello lengkap yang bisa kamu maksimalkan adalah:

  1. In line editing
  2. Upload files
  3. Notifikasi email
  4. Overview dan detail tugas atau projek
  5. Filter data
  6. Developer API
  7. Diskusi

DOWNLOAD TRELLO OFFICIALS

Aplikasi Bisnis Online: Time Management

Tugas tentu nggak bakal mencapai target kalau nggak ada time management yang bagus. Dengan begitu, aplikasi time management ini penting dan vital untuk kamu miliki.

1. RescueTime

Tau nggak jargon dari RescueTime ini? ‘Fully Automated Time Tracking Software’. Jadi, jelas banget kalau fungsi utama dari RescueTime ini adalah untuk me-manage waktu bekerja kamu.

aplikasi bisnis online time management

RescueTime source PC Mag

Spesifiknya, RescueTime membantu mencatat aktivitas kamu dalam suatu aplikasi, hingga mengirim catatan sesuai dengan apa yang terjadi. Bahkan, ada juga foto yang menjadi bukti apa aja aktivitas yang kamu lakukan.

Selain itu, aplikasi bisnis online ini juga bantu kamu untuk mengatur setting waktu dan notifikasi aktivitas tertentu.

Mau tau fitur lengkap dari RescueTime? Ini dia:

  1. Recording otomatis di PC
  2. Perbandingan hari produktif dan non-produktif
  3. Monitoring progress
  4. Setting peraturan
  5. Socring Produktifitas
  6. Highlight harian
  7. Report untuk masing-masing goal

DOWNLOAD RESCUETIME FULL VERSION PC

Aplikasi Pembayaran

Mau bayar aja ko ribetnya minta ampun sih? Kata-kata inilah yang bakal muncul dari customer kalau kamu nggak pakai aplikasi pembayaran pihak ketiga. Dengan begini, kamu nggak perlu lagi ribet mengatur sistem.

1. Square

Mungkin di Indonesia, aplikasi ini kurang begitu famous ya. Tapi perlu kamu tau, Square ini merupakan salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu coba.

Aplikasi pembayaran online

Square Point of Sales source Get App

Kemudahan yang ditawarkan untuk customer salah satunya adalah adanya sistem micro card. Kartu ini nantinya bisa kamu masukkan ke HP atau device lain untuk melakukan pembayaran.

Jadi, Square ini cocok banget buat bisnis online jenis apapun. Mulai jenis kuliner yang kini lagi booming, kecantikan, kosmetik, fashion hingga toko retail. Dilengkapi dengan sistem point of sale, Square cocok banget buat kamu pakai untuk jangka panjang.

Fitur lengkap Square bisa kamu lihat di bawah ini ya:

  1. Email Marketing
  2. Team Management
  3. Custom Setting di produk
  4. API
  5. Analisa dan Report
  6. Integrasi dengan aplikasi lain
  7. Sistem integrasi pembayaran

DOWNLOAD APLIKASI SQUARE FULL OFFICIALS

2. PayPal Here

Buat pengguna point-of-sale Indonesia, PayPal Here adalah solusi terbaik yang bisa kamu coba. Pasalnya, sistem PayPal Here memadukan antara sistem lama dengan metode seperti Square. Yaps, bener banget, pakai card reader.

Aplikasi Pembayaran Online Point of Sales

PayPal Here source Windows Central

Dengan begini, kamu cuman perlu menempelkan kartu di HP lalu otomatis kamu bisa melakukan transaksi. So, transaksi makin mudah, tanpa ribet lagi!

Fitur lengkap PayPal Here bisa kamu pakai untuk:

  1. Invoice
  2. Laporan sales custom
  3. User multiple
  4. Setting Password dan Kontrol akses
  5. Payment Processing di Android
  6. Management inventaris

DOWNLOAD APLIKASI PAYPAL HERE OFFICIALS

Kesimpulan

Menjalankan bisnis online emang perlu beberapa aplikasi pendukung. Tentunya, aplikasi ini punya fungsi yang berbeda. Termasuk diantaranya adalah aplikasi management team, pembayaran, hingga time management.

Beberapa aplikasi bisnis online yang bisa kamu andalkan antara lain:

  1. Pushover
  2. Slack
  3. Skype
  4. Asana
  5. Trello
  6. RescueTime
  7. Square
  8. PayPal Here

Jika semua itu ada dalam bisnis online kamu, pasti kesuksesan bakal datang lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Selain itu, perlu juga skill untuk mengatur team yang harus kamu lakukan manual.

Dengan begini, skill management dibantu dengan aplikasi ini hasilnya pasti bakal maksimal banget.

Faktanya, kini social media juga bisa jadi salah satu senjata ampuh untuk meningkatkan bisnis online. Faktanya, kamu bakal dipermudah dengan fitur Facebook untuk Marketer. So, nggak usah khawatir lagi ya.

Mungkin ini aja deh yang bisa kita share saat ini. Jangan lupa untuk surf info lainnya tentang dunia digital dan teknologi ya. Masih banyak banget topik yang harus kamu tau biar makin update.

So, jangan sungkan buat subscribe emain newsletter kita ya. Dapatkan info terbaru yang kita kirim tiap hari!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *