AMD vs Intel, Mana yang Lebih Baik?

3 bulan lalu, by Digitek

AMD vs Intel

Jika berbicara mengenai processor, Intel dan AMD (Advance Micro Machine) lah juaranya. Dua model tersebut memang berhasil menguasai pasar dunia. Dari sejumlah hasil uji yang dilakukan, processor dengan core-twin atau Quad Core punya kinerja yang lebih baik daripada core tunggal.

Wajar saja karena quad atau twin punya core yang lebih banyak. Pengguna juga lebih suka dengan intel, tapi banyak juga yang lebih memilih AMD. Keduanya memang punya keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Tapi, jika dibandingkan siapa yang lebih baik diantara keduanya ini? Kami akan mengulasanya.

Produk Terbaik

AMD vs Intel, Mana yang Lebih Baik?

via Pixabay

Intel sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi processor gaming tercepat berkat Intel Core i7-9700K dan core i9-9700K. AMD sebenarnya dalam sepuluh tahun terakhir cukup tertinggal hingga memasuki tahun 2017 diluncurkanlah Ryzen Series.

Ryzen Series punya performa lebih baik dan meningkat 50% dibanding produk sebelumnya. Yang membuatnya menarik kala itu adalah karena Intel baru merilis processor core 8 dan 16 threads. Sementara AMD sudah meluncurkan processor 16 core dengan 12 threads.

2019 lalu, AMD juga meluncurkan Ryzen 3000 series dengan performa apik meski belum mengungguli Intel. Namun, produk tersebut sangat diminati karena fabrikasinya yang hanya 7nm. Jauh lebih rendah dibandingkan Intel sebesar 14nm.

Processor

processor

via Pixabay

Di pasaran, Intel mendominasi 85% pangsa pasar. Sementara AMD juga mengalami peningkatan hingga 20%. Penyebabnya karena banyak vendor perusahaan laptop yang beralih ke AMD karena stok processor yang diproduksi Intel langka.

Dari segi performa sebenarnya tidak ada perberdaan yang cukup signifikan antara keduanya. Tetapi, jika kalian ingin membeli laptop dengan processor mumpuni dengan harga terjangkau, AMD Ryzen Series bisa menjadi pilihan.

Untuk Game

AMD vs Intel, Mana yang Lebih Baik?

via Pixabay

Dalam bermain game, kekuatan  processor sangat penting demi mendukung lancarnya permainan. Jengkel rasanya jika saat bermain game, laptop justru lemot. Jika melihat perbandingan AMD dan Intel dari segi grafis game, AMD jauh lebih unggul karena mampu bertahan di posisinya meski suhu laptop meningkat.

Baik AMD dan Intel memang memiliki kinerja yang cukup baik, namun processor Intel memiliki kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan ddengan AMD. Anda bisa memilih processor Intel Core i7 atau Intel Core i5.

Sebenarnya, Intel dan AMD punya kinerja sangat baik untuk gaming. Di intel, ada Intel Core i7 yang akan menambah keseruan bermain game. Tapi harganya terbilang mahal, jika kamu punya dana pas-pasan, gunakan saja AMD A4 Dual Core.

Keamanan

keamanan

via Pixabay

Sebenarnya keamanan sendiri adalah hal yang subjektif dan susah dinilai karena tidak punya parameternya. Apalagi biasanya keamanan ini identik dengan software, bukan hardware.

Tetapi, sejak insiden meltdown and spectre yang terjadi 2018 dimana virus bisa menyerang semua processor. Peneliti mengatakan bahwa dalam 2 dekade terakhir semua processor yang diproduksi rawan terhadap ekspolitasi hardware.

Pada dasarnya, kejadian tersebut merusak hardware dari processor dan merusak datanya. Kejadian itu sangatlah merugikan intel karena processor buatannya dipakai sebagian besar komputer di dunia. Sementara AMD, meski sama-sama berdampak, tetapi tidak begitu signifikan.

Karena itu bisa dikatakan bahwa AMD merupakan processor yang terbilang aman, jika merujuk pada kejadian meltdown dan spectre.

Multimedia

multimedia

via Pixabay

Jika dilihat dari sisi multimedia, processor Intel dan AMD punya perbandingan cukup signifikan. Intel diklaim jauh lebih unggul dibanding AMD. Hal ini karena gambar yang ditampilkan oleh Intel lebih tajam dan jelas.

Sementara AMD sedikit tertinggal dibanding intel dari sisi ini. bahkan mengenai keunggulan Intel dari segi multimedia sudah terbukti dalam dunia game seluruh dunia.

Harga

harga

via Pixabay

Perbandingan yang cukup banyak disorot antara AMD vs Intel tentunya dari segi harga. Hal ini merupakan pertimbangan utama sebelum memutuskan membeli laptop. Namun, spesifikasi juga patut dipertimbangkan.

Saat ini, laptop yang menggunakan processor Intel terbilang lebih mahal jika dibandingkan AMD. Jika kamu berencana membeli laptop dengan harga murah tapi spesifikasi mahal, laptop dengan processor AMD merupakan pilihan tepat.

Tetapi jika mencari laptop dengan performa multimedia yang mumpuni, pilihlah Intel. Namun, karena adanya kompetisi dari harga inilah, Intel tertekan. Hasilnya, mereka menurunkan harga, Intel core X series misalnya dengan 18 inti dan 36 threads hanya dijual seharga Rp 13 juta saja.

Namun, sekarang ini memang penjualan AMD sedang naik karena value processor yang diproduksi besar dengan harga yang jauh lebih murah dibanding Intel. Meski Intel yang mendominasi pangsa pasar.

Kesimpulan

Untuk pemilihan processor, kamu perlu mempertimbangkan apa kebutuhan kamu misalnya gaming, kecepatan, grafis, dan sebagainya. Untuk kebutuhan perkantoran, pelajar, gamer yang budgetnya terbatas, processor AMD merupakan pilihan yang tepat.

Kamu bisa mempertimbangkan AMD ryzen 5 2000. Performanya lebih baik jika dibandingkan Intel core i5 seri baru.

Apalagi harganya yang murah dibandingkan produk Intel. Namun, bagi gamer profesional, untuk mendapatkan performa terbaik bisa mempertimbangkan untuk membeli perangkat dengan processor core i7/i9.

Karena sudah terbukti processor Intel i series menunjukkan performa lebih baik apalagi jika dipadukan dengan kartu grafis. Semua kembali lagi ke kalian. Penting untuk membeli laptop sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *