15 Web Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia

3 bulan lalu, by Digitek

Web hosting terbaik indonesia

Bagi kamu yang serius ingin membangun website profesional, hosting yang handal wajib digunakan. Untuk itu, di artikel ini kami akan mengulas web hosting terbaik dan murah di Indonesia.

Web hosting yang handal tidak hanya memiliki server yang cepat, tetapi juga tidak sering down. Pertimbangan lain adalah layanan support yang baik dan cepat tanggap.

Saat ini ada puluhan penyedia hosting yang tersebar di Indonesia. Tetapi manakah yang terbukti memberikan kualitas yang baik? Berikut ulasannya.

1. Domainesia

Web Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia

via Domainesia

Web hosting terbaik pertama yakni Domainesia. Ia cukup populer karena menawarkan hosting dengan harga murah dan sudah dalam infrastruktur cloud.

Harga yang ditawarkan juga seimbang dengan kualitas yang dihadirkan. Salah satu kelebihan hosting ini adalah pembayaran yang bisa dilakukan secara bulanan dimana hosting lain hanya menyediakan paket tahunan.

Harganya juga termasuk murah, mulai dari Rp Rp 14.000/bulan dengan harga renewal flat atau tidak ada kenaikan.

Mereka juga menggunakan cPanel yang akan membantu pengguna menginstal CMS seperti WordPress, Joomla dan Drupal dengan sangat mudah.

Berdasar pertimbangan tersebut, Domainesia sangat direkomendasikan untuk pemula atau yang baru akan membuat website.

Selain itu, ia juga mempunyai lima pilihan server yakni di Indonesia, Singapura, Inggris, Jepang dan Amerika.

Pengguna bisa menyesuaikan target lokasi pengunjug website yang dibangun dengan memilih server terdekat dari lokasi.

2. Niagahoster

Web Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia

via Niagahoster

Web hosting terbaik dan cukup populer di Indonesia berikutnya adalah Niagahoster.

Niagahoster memiliki paket-paket web hosting yang bagus() dan cukup murah sehingga cocok untuk kamu yang ingin mulai membuat website.

Ia juga mempunyai kelebihan dalam hal pelayanan customer service / live chat yang responsif serta pilihan paket yang lengkap.

Niagahoster juga sudah dilengkapi dengan Imufiny360 yang akan membuat website pengguna kebal terhadap serangan siber.

cPanel yang disediakan juga terbilang lengkap. Pengguna bisa dengan mudah mengonfigurasi hosting sesuai kebutuhan. Desain antarmuka cPanel mereka juga simpel sehingga sangat ramah untuk pengguna pemula.

3. Hostinger

Web Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia

via Hostinger

Web hosting terbaik dengan harga yang cukup murah di Indonesia berikutnya adalah Hostinger.

Hostinger terbilang cepat jika diakses dari negara-negara luar Asia. Saat ini Hostinger mempunyai 7 pusat data yakni AS, Britania Raya, Brasil, UE, Singapura, Indonesia dan Lithuania.

Keunggulan hosting ini adalah mereka mempunyai tim customer service yang sangat cakap serta metode pembayaran yang populer.

Dalam hal teknis, dasbor Hostinger juga sangat ramah pengguna, termasuk bagi pengguna pemula yang baru terjun di dunia web hosting.

Mereka juga memberikan gratis domain dan menawarkan kapasitas SSD tak terbatas. Paket yang direkomendasikan mereka adalah Hostinger Premium.

Dengan paket tersebut, mereka menjamin situs web pengguna akan terhindar dari masalah downtime saat puluhan orang mengakses situs secara bersamaan.

Paket harga yang ditawarkan mulai dari Rp 8,739/bulan untuk Hosting Single. Paketnya terlihat murah tetapi akan lebih murah lagi jika memilih paket berlangganan 4 tahun sekaligus.

4. Rumahweb

rumahweb

via rumahweb

Web hosting yang berlokasi di  Jakarta ini sudah beroperasi sejak 2021. Saat memulai layanan, mereka hanya mempunyai 1 server hingga saat ini sudah berktambah menjadi 30 sever.

Server mereka berlokasi di Indonesia, Singapura dan Amerika Serikat. Pada  2019, mereka sempat menjadi penyedia web hosting dengan jumlah pengguna terbanyak. Selanjutnya, mari kita bicara tentang kecepatan.

Berdasar laporan hasil pemeriksa kecepatan server Bitcatcha, Rumahweb mempunyai kecepatan yang jauh di bawah tiga web hosting sebelumnya.

Kecepatan rata-rata global Rumahweb yakni 196 md, sementara dari negara Asia dan Oseania adalah 138 md.

Kecepatan rata-rata global mereka adalah 196 md, sedangkan kecepatan pengaksesan dari negara-negara Asia dan Oseania adalah 138 md.

Meski begitu, mereka menawarkan beberapa paket dengan harga yang bersaing. Metode pembayarannya pun cukup mudah mulai dari Visa, PayPay, virtual account, transfer bank hingga e-wallet.

Tim bantuan mereka juga cepat tanggap dan selalu siap menjawab semua pertanyaan klien mereka dalam 7×24 jam.

5. Exabytes

exabytes

via exabytes

Exabytes adalah perusahaan hosting yang awalnya berdiri di Malaysia pada tahun 2021. Hingga kini, mereka sudah mempunyai pusat data yang berlokasi di Malaysia, AS, Singapura dan Indonesia.

Berdasar hasil pengujian Bitcatcha, kecepatan Exabytes secara global sedikit di atas Rumahweb, yakni 183,3 md.

Sementara itu kecepatan akses rata-rata dari negara-negara Asia dan Oseania adalah 90,25 md. Meski begitu, uptime mereka kurang baik. Ini cukup buruk bagi pemilik website yang ingin menarik pengunjung sebanyak mungkin.

Tetapi, kekurangan tersebut diimbangi dengan penawaran menarik seperti garansi uang kembali hingga 100 hari.

Ada tiga paket yang mereka tawarkan dengan metode pembayaran yang mudah. Exabytes juga menawarkan program kerjasama seperti Affiliasi, Blogger Plus, Patnership dan EasyStore. Penawaran tersebut bisa dimanfaatkan bagi kamu yang baru membuka toko online.

6. IDWebhost

idwebhost

via idwebhost

IDWebhost merupakan web hosting dengan server fisik yang berlokasi di Indonesia. Provider hosting satu ini sudah mempunyai lebih dari 75 ribu pelanggan dengan dukungan 100 shared server di Jakarta, Jogjakarta dan AS.

Berdasar laporan uji kecepatan Bitactha, mereka punya kecepatan rata-rata global yang jauh di bawah hosting lainnya. Kecepatan mereka yakni 197,3 md dan 146,25 md untuk kecepatan rata-rata Asia dan Oseania.

Paket Awesome adalah paket terlaris mereka yang dibanderol dengan harga Rp 25.900/bulan. Dengan paket tersebut, pengguna bisa mendapatkan penyimpanan 5GB, domain gratis seumur hidup dan satu domain tambahan.

Pengguna juga akan mendapatkan database, bandwith dan email unlimited. Mereka menawarkan SSL dan perkakas manajemen hosting lengkap yang bias digunakan gratis tanpa tambahan biaya.

Jika ingin migrasi ke sini, pengguna juga tidak akan dikenakan biaya tambahan. Metode pembayaran yang ditawarkan beragam, kurang lebih sama dengan Rumahweb dan Exabytes.

Bagi yang inin meningkatkan rank pencarian di halaman pertama mesin pencari, mereka menyediakan fitur SEO Audit yang sudah termasuk paket.

7. ArdHosting

ard

via ardhosting

ArdHosting merupakan provider hosting tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2000. Pengalaman memang berbanding dengan kualitas, meski tidak selalu.

Penelitian menunjukkan rata-rata uptime mereka stabil dengan skor 99.92% dan load time rata-rata 972 ms.

Layanan support mereka juga cukup bagus dan memuaskan. Kekurangannya, mereka gagal di faktor load impact yang jauh di bawah nilai ideal. Garansi yang diberikan juga hanya 7 hari saja dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Soal harga, ArdHosting hanya menyediakan paket tahunan saja dengan harga mulai dari Rp 260.000/tahun.

8. Dewaweb

dewaweb

via dewaweb

Dewaweb memberikan harga yang mahal untuk hosting yang mereka tawarkan. Tetapi berbanding lurus dengan performa dan stabilitas peladen yang baik.

Pengguna bisa menginstal CMS kesayangan menggunakan Softaculous dengan mudah. Layanan pelanggan hosting tersebut juga responsif sesuai dengan slogan mereka yakni “Dukungan Ninja”

DewaWeb cocok digunakan untuk situs pribadi, toko online, landing page, hingga portal berita. Kekurangannya, hostingnya cukup mahal dan juga hanya da dua pilihan saja yakni Personal dan Corporate.

9. Qwords

qwords

via qwords

Fitur hosting yang ditawarkan Qwors cukup lengkap. Pengguna bisa memilih berbagai jenis plan sesuai kebutuhan.

Mereka sudah menggunakan teknologi Cloud yang lebih handal menangani situs dengan banyak pengunjung.

Qword juga mempunyai 100% uptime peladen, sangat cocok digunakan untuk toko online dengan CMS sederhana.

Semua pilihan hosting sudah termasuk domain dan sertifikat SSL gratis (untuk beberapa plan), website builder dan one-click installer (Softalucous). Ada juga SEO dan Marketing Tools.

Pilihan pembayarannya juga fleksibel, pengguna bisa memesan layanan dengan minimum tiga bulan siklus pembayaran.

Dapur Hosting termasuk pemain senior dari daftar hosting yang kami review. Mereka sudah ada sejak tahun 2005, mungkin bersamaan atau tidak lama setelah pemain besar seperti Rumahweb, Masterweb dan IDwebhost berdiri.

10. Dapur Hosting

dapurhosting

via dapurhosting

Berdasarkan penelitian, Dapur Hosting memiliki rata-rata load time 857 ms. Nilai tersebut adalah yang tercepat kedua atau hanya selisih sedikit dari Niagahoster.

Meski begitu, rata-rata load time yang cepat tersebut tidak dibarengi uptime yang stabil. Skor rata-rata uptimenya yakni 99.80%.

Harga hosting termurah yang ditawarkan adalah 100.000/tahun. Sebagai informasi saja, mereka tidak menyediakan pilihan secara bulanan.

Control panel yang digunakan adalah cPanel dengan jumlah storage dan bandwidth yang dibatasi. Kecuali memilih paket Hosting Premium dan Unlimited.

Kelebihan Dapur Hosting lainnya yakni support yang selalu siap dalam 7 hari 24 jam. Mereka juga menawarkan garansi 30 hari. Jika kecewa dalam layanan mereka di 30 hari pertama, pengguna bisa mengajukan klaim garansi.

11. Indowebsite

indowebsite

via indowebsite

Indowebsite didirikan tahun 2005 dengan nama awal DPlanet. Mereka mengklaim sudah memiliki lebih dari 40.000 pelanggan aktif dengan 20 server yang berlokasi di ITC Duren Sawit Jakarta.

Kelebihan hosting satu ini adalah layanan pelanggan yang sangat baik dan menawarkan banyak pilihan support. Mulai dari live chat website, Facebook Messenger, Whatsapp , Telegram, Skype, Twitter, telepon dan tiket.

Paket hosting yang ditawarkan juga beragam mulai dari shared hosting, could, email, VPS hingga Decitated.

Saat website tumbuh besar dan membutuhkan hosting yang lebih tinggi, pengguna bisa melakukan upgrade karena Indowebsite menawarkan pilihan lengkap.

12. Warnahost

warnahost

via warnahost

Warnahost merupakan satu-satunya hosting yang berlokasi di luar pulau Jawa, tepatnya di Palu, Sulawesi Tengah.

Berdiri sejak 2010, mereka sudah melayani lebih dari 4600 pelanggan dengan 40 server yang dikelola. Sama seperti halnya Indowebsite, Warnahost unggul dalam hal layanan pelanggan dengan rating 5/5.

Mereka juga sangat menjaga privasi pelanggan misalnya dengan meminta izin sebelum masuk ke control panel.

Sayangnya, layanan support yang baik tersebut tidak diiringi performa yang baik. Rata-rata uptime hosting ini cukup buruk dengan skor 99.44% dan rara-rata load timenya hanya 1250 ms.

Meski begitu, harg paket yang ditawarkan tergolong murah, mulai dari Rp 100.000/tahun untuk directadmin atau Rp 125.000/tahun dengan cPanel. Kamu pun bisa menghemat lebih banyak uang serta mendapat sumber daya yang lebih dari cukup untuk situs barumu.

13. Dracoola

Web Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia

via Dracoola

Didirikan pada 19 April 2003, Dracola cukup populer di kalangan para blogger. Mereka tidak terlalu menjanjikan banyak hal seperti halnya provider hosting lainnya.

Yang mereka tawarkan hanyalah harga domain dan tarif web hosting dengan harga yang wajar dan kualitas serta layanan terbaik.

Layanan support mereka juga sangat baik dan responsif kedua setelah Niagahoster. Sayangnya, tidak diiringi dengan performance yang memuaskan, meskipun mereka sudah mencoba upgrade infrastruktur ke cloud.

Rata-rata uptime mereka tergolong buruk dengan score 99.64% dan rata-rata load time-nya di 1020 ms. Hal lain yakni Dracoola hanya memberikan garansi 14 hari saja.

14. Jetorbit

Web Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia

via Jetorbit

Jetorbit merupakan web hosting yang berdiri tahun 2012 di Yogyakarta tepatnya Kabupaten Sleman. Kelebihan yang menonjol dari mereka adalah layanan support yang sangat cepat tanggap.

Jika mencari web hosting terbaik dalam hal support, Jetorbit merupakan pilihan tepat. Tetapi, sayangnya mereka punya masalah serius dalam hal performa.

Sejak Februari 2020 performa mereka menurun dan belum juga kembali ke performa terbaiknya. Dengan 99.84% uptime dan 2060 ms, Jetorbit menjadi satu hosting Indonesia bisa dibilang kurang bagus dalam hal performance.

Berbicara soal harga, banyak pilihan paket yang ditawarkan mulai dari bulanan, tiga bulan, enam bulan hingga satu tahun.

Kamu akan mendapatkan paket yang tepat di Jetorbit berdasarkan budget yang kamu miliki. Paket termurahnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 12.650/bulan.

Mereka juga menawarkan paket hosting Manage VPS dan Dedicated Server yang bisa digunakan saat website sudah tumbuh pesat.

15. Dyhost

Web Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia

via dyhost

DhyHost merupakan salah satu pemain baru di dunia web hosting provider Indonesia. Plan dan paket hostingnya cukup bervariasi dengan harga terjangkau.

Layanan mereka juga sudah ditingkatkan dengan live chat dan obrolan Whatsapp. Pelanggan bahkan bisa menghubungi pendiri perusahaan yakni Aldy Pratama di situs Dyhost.

Sebagai pemain baru, DhyHost masih terus mencoba memperbaiki performa server terutama dalam hal uptime dan response  time.

Bagi yang tertarik menggunakan provider satu ini, disarankan menggunakan Semi-dedicated dan cloud hosting terutama jika ingin membuat situs web dengan fungsi cukup rumit.

Penutup

Nah, itulah daftar web hosting terbaik dan murah di Indonesia. Masing-masing penyedia layanan punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, apakah pemula yang mencari hosting dengan harga murah dan bisa bulanan? Ataukah mencari provider yang menawarkan uptime dan response time yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *