15 Reviewer Film Terkeren dan Terpercaya di YouTube

4 hari lalu, by Digitek

Reviewer Film Terkeren dan Terpercaya di YouTube

Faktanya dalam beberapa tahun belakangan, banyak dari kita yang lebih sering mendapatkan dan mempercayai ulasan (review) film dari reviewer YouTube.

Selain karena zaman yang kian canggih nan online saja, hal lainnya juga dikarenakan banyak dari kita yang sudah malas untuk mencari review dari film yang ingin kita saksikan baik dari televisi apalagi media cetak (termasuk majalah film).

Dengan kata lain, tinggal cari judul film yang ingin kita lihat reviewe-nya, lalu pilih kanal review-nya, langsung deh kita mendapatkan ulasannya. Nah tapi masalahnya, ada banyak banget kanal atau reviewer film di YouTube.

Lalu kira-kira reviewer manakah yang terkeren dan terpercaya? Yuk langsung simak saja pembahasan 15 reviewer film terkeren dan terpercaya di YouTube berikut ini.

15. Cine Crib

Reviewer film terkeren dan terpercaya di YouTube yang pertama adalah CineCrib. Dan mungkin banyak dari kalian yang sudah tahu dengan kanal review ini.

Cine Crib dipandu oleh beberapa pembawa acara / reviewer-nya. Dan cara mereka semua dalam melakukan review-nya benar-benar dengan bahasa seperti kita memberikan review ke teman atau saudara dekat dan juga, dari kacamata audiens.

Dengan kata lain review mereka seperti “perpanjangan tanggapan” kita. Tidak ada bahasa atau istilah berat-berat, pokoknya seperti masyarakat Indonesia awam yang pertama kali menyaksikan filmnya. Oleh karenanya, tak heran jika kanal ini hingga detik ini, telah mencapai 217.000 subscribers.

Walau banyak juga kanal-kanal review film YouTube lokal lainnya, tetap saja Cine Crib yang paling dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

14. Screen Junkies / Fandom Entertainment

Kamu tahu bukan dengan video-video trailer film yang kemudian diberikan komentar lucu bahkan pedas yang bernama Honest Trailers itu? Nah video-video itu dibuat dan merupakan bagian dari perusahaan media film ngetop ini.

Namun sayangnya, sekarang kanal YouTube ini lebih berfokus ke video-video honest trailers tersebut. Walau demikian, terdapat “anak kanal” nya yang bernama Fandom Entertainment. Nah kanal inilah yang kini digunakan Screen Junkies untuk melakukan review filmnya.

Gaya pembahasan review-nya serius tapi sangat mendalam (in-depth). Semua aspek dari film maupun seri yang mereka review mulai dari cerita, akting, dan yang lainnya, benar-benar dibahas dan dikupas tuntas setuntas-tuntasnya.

Dan dikarenakan menampilkan lebih dari 1 moderator / reviewer-nya, alhasil kita bisa menyaksikan variasi opini terhadap filmnya. Yang mana hal ini tentunya, bisa memberikan kita keputusan yag lebih jelas lagi ketika ingin memutuskan untuk menyaksikan filmnya atau tidak sama sekali.

13. Emergency Awesome

Memulai kanalnya di tahun 2012, pemilik sekaligus reviewer-nya yang menurut Fandom adalah Charlie ini, memiliki gaya me-review yang simpel namun tetap menarik dan fun untuk dinikmati.

Namun satu hal yang perlu diingat dari Charlie dengan kanalnya ini. Emergency Awesome lebih berfokus untuk melakukan review, breakdown, dan lain-lainnya yang berkaitan dengan film atau serial televisi yangdi rana-rana geek / nerd.

Jadi, jangan harap kamu akan menemukan review film non fanboy ya.

12. Patrick Burow

Reviewer film terkeren dan terpercaya di YouTube selanjutnya adalah pemuda asal Australia ini. Sekilas gaya review-nya terinspirasi dari reviewer yang akan menempati posisi puncak daftar ini.

Tapi dengan aksesn Australia-nya yang kental banget dan permainan ekspresi wajahnya yang menyesuaikan nada (tone) dari tanggapan yang sedang ia sampaikan, alhsil Patrick tetap bisa terlihat menjadi dirinya sendiri.

Dan satu lagi, ia kalau sudah benar-benar tidak suka (muak) dengan apa yang ia lihat atau rasakan, ia tidak segan-segan untuk benar-benar marah. Dan marahnya disini benar-benar seperti abang / kakak yang sedang marah banget dengan kita.

Apabila ingin melihat “ledakannya” tersebut, silahkan simak video review film Cuties diatas.

11. Sean Chandler Talks About

Apabila kamu adalah tipe yang menyukasi review dan juga list (daftar), maka kanal Sean Chandler adalah pilihan yang cocok banget.

Karena selain mengunggah review-review film, Sean juga rajin mengunggah video list yang mana list-nya kerap disesuaikan dengan review yang baru saja ia ulas. Dan iapun tidak segan-segan untuk bolak-balik mendaftar ulang sebuah seri film setelah menyaksikan film terbaru dari seri tersebut.

Sebagai contoh daftar seri film superhero Marvel (MCU). Katakanlah ia baru menyaksikan film ke-24 MCU, Black Widow (2021), nah ia setelah mengunggah video review-nya, akan mengunggah juga daftar 24 film MCU nya.

Nah nanti, apabila ia sudah menyakikan film ke-25 nya, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings yang sedianya akan rilis tanggal 3 September 2021, ia pasti akan mengunggah video ranking ulang terbarunya yang kini, memiliki 25 film MCU nya.

Dan hal ini, ia juga lakukan terhadap film berseri atau franchise lainnya. Selain itu, cara ia melakukan review filmnya juga sangat antusias dan kerap mengaitkannya dengan masa kecilnya yang terlihat bahagia.

10. Channel Awesome / Doug Reviews

AWAS! Jangan sampai keliru. Channel Awesome berbeda dengan Emergency Awesome. Kanal ini dikelola oleh sosok pria plontos bernama Doug. Ia bukanlah sosok yang asing. Doug sudah berkecimpung sebagai reviewer film YouTube dalam 7-8 tahun terakhir.

Ia awalnya dikenal sebagai reviewer film-film jadul atau yang dikenal juga dengan kanalnya, Nostalgia Critic. Namun kian lama, ia juga me-review film-film baru. Dan yang menarik dari review-nya, adalah ia selalu terlihat asyik dan positif.

Bahkan dalam menilai sisi negatif (baca: jeleknya) sebuah film, ia juga mengungkapkannya dengan sangat positif. Ia tidak seperti reviewer film YouTube lainnya yang benar-benar berkata kasar dan negatif terhadap aspek buruk yang dimiliki oleh filmnya.

Nah mungkin cara dan gayanya ini tidaklah sesuai dengan kita-kita yang ceplas-ceplos atau mengatakan apa yang kita pikirkan secara langsung (tanpa filter). Tapi dengan sosoknya yang terlihat selalu ceria, pada akhirnya kitapun menjadi suka dengan cara sekaligus gaya review-nya yang super nice guy ini.

9. Austin Burke

Sama hal-nya seperti Patrick Burow, terlihat sekali kalau gaya review film Austin Burke, terinspirasi dari sosok reviewer yang menempati posisi puncak di daftar ini. Tentunya bagi yang kian penasaran dengan siapa sosok nomor satu ini, ikuti saja perlahan alur daftar ini oke?

Gaya review-nya perpaduan antara serius dan santai. Ia mengulasnya cukup dalam tapi tidak sampai melewati batas kemampuannya. Atau dengan kata lain, gaya ulasannya adalah 50% audiens / fans, dan 50% pemerhati film.

Lalu yang menarik cara penilaiannya bukanlah menggunakan sistem A-F atau 1-10 atau 1-100. Ia mememang menggunakan skala angka, namun angkanya ia tampilkan dalam persenan seperti situs Rotten Tomatoes. Contoh: 60%, 80%, dan sebagainya.

8. Pay or Wait

Di luar dari posisi 5 besar, mungkin inilah sosok reviewer YouTube non 5-besar yang penulis favoritkan. Selain mengambil dari kacamata audiens, reviewer bernama Sharonda ini juga memberikan penilaiannya secara jujur namun ia tetap berusaha mengambil sisi positifnya.

Sebagai contoh katakanlah ia menganggap film Black Widow sangat kurang atau bahkan buruk kisahnya (MISALKAN!), nah ia akan tetap mengatakan kalau kisahnya buruk, namun pada saat yang sama, Sharonda akan berusaha mencari sisi positif dari kekurangannya.

Cocok banget bagi kamu yang memang lebih ingin mendengar yang positif-positif saja.

7. Dan Murrell

Mantan reviewer di Screen Junkies dan salah satu sosok jurnalis film online yang sangat top. Dan memiliki gaya yang serius tapi santai. Ia juga tidak segan untuk memberikan celetukan candaan yang agak nyelekit tapi, memang tepat untuk dilakukan.

Semua penilaiannya terutama dari segi akting dan naskah, benar-benar in-depth tapi tetap membuat kita yang bukan movie mania sekalipun paham. Dengan atribut-atribut tersebut, tak heran jika review-review-nya selalu dipercaya oleh banyak orang.

6. Jacob Hubbard

Memang kalau kita lihat tampangnya, sosok Jacob terlihat seperti anak bocah banget. Padahal usianya juga sudah tidak belia-belia banget. Ia kelahiran tahun 1999. Yang mana artinya, ia kini sudah berusia sekitar 22-23 tahun.

Selain itu, pengetahuan filmnya juga sangat tokcer terlepas ia masih tergolong muda sebagai audiens dan reviewer. Tapi tidak heran juga.

Karena kalau kita lihat dari hiasan koleksi DVD dan Blu-Ray filmnya yang menjadi background setiap videonya dan juga, keinginannya untuk menyaksikan serta me-review film-film lamanya, maka sekali algi tak heran jika setiap di video barunya, ia terlihat semakin matang dan percaya diri dengan pengetahuan filmnya.

Dan satu lagi, karena ia masih sangat muda, maka pembawaannya pun terasa sangat youthful. Jadi bagi kamu yang seumuran dengannya atau ingin memperkenalkan review film ke anak dan adik, maka langsung saja ke kanal Jacob ini.

5. Schmoe Knows (Movie Trivia Schmoedown)

Kanal dari dua reviewer film legendaris veteran Schmoes Knows, Mark Ellis dan Kristian Harloff ini, kini memang lebih banyak berisikan video kompetisi kuis mengenai film (movie trivia).

Namun terkadang, mereka masih melakukan review film sana dan sini. Dan yang membuat review Ellis dan Harlofff ini selalu menarik adalah sifat dan pembawaan keduanya yang kontras tapi padi akhirnya tetap terlihat kompak.

Ellis adalah sosok yang santai dan suka banyol, sedangkan Harloff jauh lebih tegas dan serius. Keduanya pun tak jarang memiliki perbedaan penilaian atau tanggapan yang sangat tajam. Tapi walau demikian, keduanya tetaplah asyik dan menghargai satu sama lain.

Bagi kamu yang memang ingin memiliki dua sudut pandang review yang berbeda, silahkan cek-cek ulasan-ulasan review mereka sebelumnya. Dan, jangan lupa juga untuk ikutan tebak-tebakan asyik dengan seluruh video kompetisi Movie Trivia Schmoedown mereka.

4. The Flick Pick

Nah inilah reviewer film YouTube yang sangat difavoritkan banyak orang. Kanal ini diasuh oleh John Flickinger atau John Flickster. Ia adalah sosok pria yang berbadan cukup kekar. Karena di kanalnya, ia juga tidak pernah malu untuk mengungkapkan kalau ia adalah gym freak.

Namun dibalik kekekarannya itu, ia adalah sosok yang super banyol. Pokoknya di setiap review-nya, ada saja kata, kalimat, atau refrensi konyol yang disertakan ke dalam review-nya. Sehingga membuat kita menjadi sangat asyik menyaksikan review-nya.

Dan dia juga bukanlah sosok ayng terlalu membahas mendalam aspek teknisnya. Ia membahasanya dari kacamatanya sebagai audiens dan fans.

3. John Campea

Seperti dan Murrell, John Campea juga merupakan sosok reviewer film senior yang sangat disegani. Dan ia dalam memberikan review-nya bisa dikatakan sangat master.

Tapi dalam membawakannya ia tetap condong ke sudut pandangnya sebagai audiens walau memang, diselipkan beberapa penjelasan teknis sana dan sini. Dan juga dalam membawakannya sangat serius. Terlihat sekali kalau passion dia terhadap perfilman, sangat besar.

Alhasil, seluruh review-nya tak jarang selalu bisa dipercaya oleh siapapun.

2. Jeremy Jahns

Sama seperti The Flick Pick, Jeremy Jahns jugalah sosok reviewer favorit. Bahkan bisa dikatakan ia adalah “wakil” dari yang menempati posisi pertama daftar ini. Kalau review si posisi pertama belum keluar, pasti review Jahns lah yang disimak lebih dulu.

Salah satu faktornya adalah pembawaannya yang juga ngebanyol (walau tak seperti FlickPick), dan juga kecepatannya dalam melakukan review. Ia jarang banget melakukan review hingga 10 menit.

Ia akan meringkas dan memberikan beberapa tambahan saja tapi semuanya tepat sasaran. Dan yang ikonik dari seluruh review-nya, adalah sistem penilainnya yang memiliki istilah tersendiri. Sehingga, membuat sosok Jahns sekali lagi, reviewer YouTube yang cepat dikenal dan diingat.

1. Chris Stuckmann

Dan inilah sosok reviewer film YouTube terkeren dan terpercaya sepanjang masa. Seperti yang dikatakan di beberapa poin reviewer sebelumnya, bahkan beberapa dari mereka pun, terinspirasi atau menirunya.

Tapi mau seberapa banyak yang mencoba menjadi dirinya. Chris Stuckmann hanyalah dia dan dia satu-satunya. Faktor utama yang membuat seluruh review-nya selalu cocok dengan siapapun, adalah ia bukanlah sekedar seorang reviewer.

Stuckmann, jugalah seorang produser dan sutradara film amatir. Walau amatir, ia benar-benar paham banget bagaimana A, B, dan C nya pembuatan film. Sehingga tak heran dalam satu pembahasan review ia benar-benar mengupasnya secara detail hingga ke yang kecil-kecilnya sekalipun.

Dan sekali lagi hampir 80-90% warganet mau itu moviegoers atau casual, pasti akan langsung suka dan cocok dengan seluruh ulasan review-nya terlepas, kita baru pertama kali menyaksikan video-nya.

Itulah tadi 15 reviewer film terkeren dan terpercaya di YouTube. Semoga pembahasannya bisa membantu banget ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *