15 Aplikasi Pembuat Formulir Online Terbaik

By Digitek

Apa saja aplikasi pembuat formulir online terbaik? Pada titik tertentu dalam menjalankan bisnis, kamu harus mengumpulkan informasi dari pelanggan atau karyawan.

Beberapa aplikasi unggul dalam menganalisis dan mengekspor data yang dikumpulkan, sementara yang lain dirancang untuk membuat formulir terlihat menarik hanya dengan beberapa klik. Untuk membantu menentukan mana aplikasi yang tepat untukmu, kami merekomendasikan 15 pembuat formulir online teratas di bawah ini.

1. Google Forms

Aplikasi Pembuat Formulir Online Terbaik

via Google Form

Google Forms adalah aplikasi pembuat formulir terbaik karena berbagai alasan. Pertama, ia sepenuhnya gratis, kamu hanya perlu akun Google untuk menggunakannya.

Kedua, aplikasi secara otomatis menyimpan hasil formulir ke Google Spreadsheet untuk memudahkanmu mengumpulkan data.

Menambahkan dan mengedit formulir di editor Google Forms terasa lebih cepat dibanding aplikasi sejenis lainnya.

Google Formulir menawarkan semua bidang formulir dasar yang diharapkan. Meskipun tidak dapat menerima pembayaran, ada pilihan menjawab dengan text box, checkbox, multiple-choice selections, dropdown menu, file uploads, dan lainnya.

Kamu bisa mengatur pertanyaan sesuai kebutuhan atau opsional, menambahkan gambar atau video, membuat formulir yang berfungsi seperti kuis dan menilai jawaban, serta essay.

Ia juga integrasi Google Sheets. Kamu dapat menggunakan spreadsheet untuk memvalidasi entri formulir dan menempatkan data formulir untuk bekerja dengan laporan dan daftar yang disesuaikan.

2. Microsoft Form

Cara Mengatasi Widget Windows 11 Tidak Berfungsi

via Microsoft

Jika lebih suka Excel daripada Google Sheets, Microsoft Forms adalah pembuat formulir online gratis yang cocok untukmu. Microsoft Forms merupakan alternatif Google Forms dari Microsoft, dan sebagian besar bekerja dengan cara yang sama, tetapi punya lebih banyak fungsi analisis data, berkat integrasinya dengan Excel.

Menambahkan pertanyaan ke Microsoft Forms sangatlah cepat dan sederhana. Kamu hanya perlu membuat pertanyaan, pilih format jawaban dan opsi responsnya.

Meskipun Microsoft Forms tidak menawarkan beberapa jenis respons yang ditemukan di Google Forms, Microsoft Forms tidak mengizinkan responden untuk mengunggah file untuk jenis akun tertentu, misalnya seperti Net Promoter Score.

Setelah selesai membuat formulir, kamu bisa mengirimkan tautan langsung kepada orang-orang untuk merespons, atau kamu dapat mengambil embed untuk menambahkan formulir ke website.

3. Jotform

Aplikasi Pembuat Formulir Online Terbaikemungkinkanmu membuat formulir online gratis sesuai kreatifitasmu. Ia merupakan alternatif terbaik dari Microsoft atau Google Formulir.

Jotform bahkan jauh lebih dapat disesuaikan daripada formulir yang dibuat di aplikasi tersebut, dan memungkinkanmu melakukan hal-hal seperti menerima pembayaran dan mengumpulkan tanda tangan tanpa updagre ke paket premium.

Hal yang membuatnya benar-benar menonjol adalah dengan perpustakaan templatnya yang sangat besar. Kamu bisa emilih dari lebih dari 10.000 templat formulir yang mencakup segala hal mulai dari formulir kontak dan aplikasi pekerjaan hingga formulir pendaftaran pasien baru dan survei riset pasar.

Jika kamu perlu bekerja di spreadsheet atau membuat visual, Jotform juga memudahkanmu untuk melakukannya.

Kamu bisa mengunduh respon sebagai spreadsheet Excel, tabel HTML, atau laporan visual. Saat seseorang merespons formulir tersebut, kamu akan mendapatkan notifikasi melalui email.

4. Formstack

formstack

via formstack

Jika suatu perusahaan berada di industri yang sangat teregulasi, Formstack mungkin merupakan aplikasi formulir terbaik yang bisa digunakan.

Formstack menawarkan formulir khusus yang sesuai dengan HIPAA dan GDPR yang menjaga keamanan data pribadi responden.

Selain itu, Formstack akan memperingatkanmu jika formulir tidak memenuhi standar Section 508 Compliance misalnya. Mereka tidak bisa bekerja dengan assistive technologies seperti screen readers, memastikan semua orang dapat mengisi formulirmu.

Setelah data mulai masuk, Formstack juga menawarkan beberapa tools canggih yang dapat menganalisis tidak hanya data yang diterima, tetapi juga data dari orang yang tidak menyelesaikan formulir.

Dengan fitur add-on Kit Konversi Formstack, kamu bisa melakukan pengujian A/B untuk melihat versi formulir mana yang mendapatkan lebih banyak respons, atau mencari tahu di mana pengguna tidak menyelesaikan formulir.

Jika ada pertanyaan yang membingungkan dan menyebabkan mereka keluar dari formulir, hal tersebut dapat membantumu mencari tahu mengapa hal itu terjadi.

5. Paperfrom

Aplikasi Pembuat Formulir Online Terbaik

via paperfrom

Formulir adalah cara yang baik untuk mengumpulkan data, tetapi ada garis tipis antara menerima informasi dan menerima pesanan. Jika kamu menjual produk fisik atau digital melalui formulir, Paperform sangatlah cocok.

Ia adalah pembuat formulir yang dirancang terlihat seperti landing page atau postingan blog dibanding formulir standar.

Kamu bisa menambahkan foto, judul, video, dan teks panjang menggunakan formulir untuk mendeskripsikan produk yang dijual.

Ia adalah Ini pengganti yang bagus untuk landing page yang bisa mengumpulkan data pengunjung di custom landing page untuk hal-hal seperti iklan PPC dan kampanye pemasaran bertarget.

6. Formsite

formsite

via formsite

Ingin memastikan data formulir aman? Formsite membantumu mengenkripsi teks dalam bidang formulir tertentu. Ia akan mengacaknya sehingga tidak bisa dipahami oleh orang-orang yang tidak diberikan izin untuk melihatnya.

Ia menawarkan integrasi pemrosesan pembayaran bawaan seperti PayPal, Stripe, dan Authorize.net. Kamu juga bisa menggunakan bidang terenkripsi untuk langsung menerima kartu kredit atau data ACH melalui formulir.

Kamu juga dapat menggunakan kembali blok formulir dan data di Formsite. Buat blok penagihan standar, lalu sematkan blok tersebut ke dalam formulir lain sehingga kamu tidak perlu membuatnya lagi.

7. HubSpot Free Online Form Builder

hubspot

via hubspot

Hubspot Free Online Form Builder adalah salah satu pembuat formulir online terbaik karena gratis. Dirancang dengan mempertimbangkan bisnis kecil hingga menengah, versi gratisnya memungkinkanmu menggunakan hingga 1.000 bidang formulir.

Penggunaanya sangatlah mudah dengan fitur drag and drop untuk menyematkan formulir ke situs web dalam hitungan detik. Ia menawarkan 12 jenis bidang yang berbeda, seperti teks, drop-down, radio select, kotak centang, date picker, dan banyak lagi.

8. Cognito Form

Cara Mengatasi Widget Windows 11 Tidak Berfungsi

via cognito

Cognito Form memungkinkamu membuat formulir tanpa batas dengan intuitive drag-and-drop form builder. Seperti pembuat formulir online terbaik lainnya, ia bisa diintegrasikan Stripe, PayPal, dan Square untuk menerima pembayaran.

Cognito Form adalah salah satu pembuat formulir yang hebat di luar sana karena kemampuannya melakukan perhitungan yang kuat yang dapat membandingkan total biaya, membandingkan tanggal, dan banyak lagi.

Ia didukung conditional logic untuk mengontrol bidang apa yang dilihat orang, dan bagian pengulangan dinamis ideal untuk mengumpulkan data tertentu dari pelanggan.

Ia gratis digunakan untuk kebutuhan individu dengan menawarkan penyimpanan 100MB. Ada juga opsi berbayar untuk perusahaan yang menyediakan penyimpanan hingga 100GB.

9. Pabbly

pabbly

via pabbly

Pabbly adalah salah satu tool paling intuitif yang bisa digunakan untuk membuat formulir dengan cepat. Ia memiliki editor drag-and-drop yang mudah digunakan dengan berbagai jenis opsi jawaban yang bisa digunakan mulai dari adio buttons, dropdown lists, and personal info boxes.

Ia juga dilengkapi dengan perpustakaan yang cukup besar dari tema formulir yang trendi dan menarik yang dapat digunakan hanya dengan satu klik.

Pabbly juga menawarkan fitur praktis yang bisa merespons pengiriman formulir langsung dari dasbor. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini dengan harga $10 per bulan. Fitur yang ditawarkan meliputi pengiriman tak terbatas dan mendapatkan akses atas semua fitur yang ada.

10. GrowFrom

grow form

via grow form

Growform adalah pembuat formulir lain yang menawarkan berbagai template, dan drop and drag builder sehingga formulir dapat diatur tanpa pengkodean apa pun.

Formulir mudah disematkan, dan hadir bisa berintegrasi dengan berbagai platform serta aplikasi melalui Zapier. Penggunaanya juga sangatlah mudah. Tim support tersedia untuk membantu pengguna jika ada kesulitan, dan mereka menawarkan uji coba 14 hari gratis.

11. MailOptin

mailoptin

via mailoptin

MailOptin adalah plugin pembuat formulir WordPress mudah digunakan. Yang harus Anda lakukan hanyalah mengunduh dan mengaktifkan plugin untuk mulai membuat formulir.

Ada banyak jenis formulir berlangganan yang dapat dipilih, termasuk popup, sidebar, dan floating bar. Plugin juga dilengkapi dengan beberapa templat formulir yang dapat disesuaikan dengan keinginanmu.

MailOptin menawarkan pilihan fitur hebat seperti advanced trigger rules, robust reporting, dan built-in analytics.

MailOptin adalah salah satu plugin WordPress terbaik untuk membantu mengembangkan bisnis tanpa bersusah payah. Ia terintegrasi dengan sejumlah besar CRM, plugin WordPress, dan email marketing provider seperti ActiveCampaign, MailChimp, dan Moosend.

12. Optingun

Aplikasi Pembuat Formulir Online Terbaik

via OptiGun

Optingun adalah tools yang cocok digunakan untuk pemasaran di eCommerce ataupun B2B. Di sana, kamu akan menemukan template yang tepat untuk semua kebutuhanmu.

Membuat formulir yang efektif sangat mudah dengan bantuan editor formulir online drag-and-drop. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk memilih template dan menempatkan elemen pilihan di lokasi yang diinginkan.

Optingun juga menawarkan berbagai bentuk dan fitur dinamis yang berbeda seperti signup dengan sekali klik, formulir multi-bingkai, dan consent collectors.

Yang membuatnya istimewa adalah kemampuannya untuk mempersonalisasi formulir keikutsertaan menggunakan nama visitormu.

13. Woorise

woorise

via woorise

Woorise adalah salah satu aplikasi pembuat formulir online terbaik lainnya yang bisa digunakan. Tools menawarkan fungsionalitas drop and drag sehingga membuat formulirpun terasa begitu mudah.

Selain formulir sederhana, platform ini memungkinkanmu membuat formulir dengan bidang lanjutan, menggunakan logika kondisional, dan secara otomatis memilih pemenang tanpa perlu tindakan manual.

Jika ingin lebih melibatkan audiens atau mengarahkan traffic ke website, Anda juga dapat membuat landing page yang indah.

Woorise juga bisa menerima pembayaran dari formulir, tetapi fiturnya yang menonjol adalah Instant Win campaigns. Peserta akan langsung tahu apakah mereka menang atau tidak, tanpa harus menunggu sekitar satu minggu.

14. Socital

Aplikasi Pembuat Formulir Online Terbaik

via socital

Socital adalah aplikasi pembuat formulir online yang sangat bagus untuk perusahaan eCommerce dan pemula yang ingin membuat formulir berlangganan dengan cepat dan mudah.

Ketika masuk ke template, Socital menawarkan berbagai macam formulir yang sesuai dengan kebutuhan. Tools mudah digunakan dan editor akan memandusecara menyeluruh tentang cara membuat formulir online.

Dengan Socital, kamu bisa membuat formulir sederhana dan kompleks untuk membuat daftar tertentu dan mencapai tujuan dengan lebih mudah.

15. OptiMonk

Aplikasi Pembuat Formulir Online Terbaik

via OptiMonk

Optimonk adalah pembuat formulir online terbaik untuk situs eCommerce yang ingin mengumpulkan lebih banyak email dan meningkatkan penjualan.

Drag-and-drop form builder memungkinkanmu membuat berbagai jenis pop-up untuk menangkap audiens.

Ia menawarkan empat jenis formulir yang berbeda untuk dipilih, mulai dari popup, side message, nano bar, dan full screen.

Penggunaanya mudah, cukup pilih template formulir dan sesuaikan dengan keinginanmu. Kamu bisa melakukannya dengan memilih tujuan campaign atau melalui tema yang berbeda, seperti Black Friday, Easter, dan Valentine Day.

Beberapa fitur utama yang menarik dari Optimonk adalah opsi countdown, kupon, dan radio. Kamu juga dapat mencoba lucky wheel gamification mereka. Ada juga opsi untuk membuat pesan melalui HTML dan Javascript.

Optimonk menawarkan lima paket berbeda. Kamu bisa memilih antara versi gratis atau berbayar untuk mendapatkan tampilan halaman yang lebih banyak dan fitur tambahan.

Penutup

Nah, itulah sejumlah aplikasi pembuat formulir online terbaik yang ada di luar sana. Meskipun semua tools yang tercantum di atas sangat bagus, kamu perlu memilihnya sesuai kebutuhan dan tujuan. Sebelum mengambil keputusan, saya sarankan untuk memanfaatkan uji coba gratis yang ditawarkan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.