15 Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk iPad

By Digitek

Sedang mencari aplikasi menggambar terbaik untuk iPad? Tepat sekali karena di artikel ini kami akan memberikan daftarnya.

IPad terbukti menjadi perangkat serba bisa yang dapat melakukan banyak hal. Beberapa aktivitas yang dilakukan pemilik iPad adalah menggambar dan membuat sketsa. Kamu bisa menjadi seorang seniman berkat Apple Pencil yang disematkan.

Terlepas dari apakah kamu seorang amatir atau pro, di bawah ini adalah aplikasi menggambar terbaik untuk iPad yang memungkinkanmu menuangkan kreativitas dengan mudah.

Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk iPad

1. Procreate

Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk iPad

via Procreate

Procreate merupakan salah satu aplikasi menggambar terbaik untuk iPad di luar sana. Ia terbukti menjadi paket lengkap untuk seniman yang suka menggambar dan memanipulasi karya mereka dalam segala hal.

Aplikasi yang dirancang dengan tajam ini sangat mudah digunakan dan menyediakan banyak pilihan kanvas serta pre-made design untuk melatih kreativitasmu.

Tools yang ditawarkan sangat luas dengan lebih dari 130 brush untuk dipilih, yang masing-masing bisa dikustomisasi. Kamu bahkan dapat menyesuaikan properti Apple Pencil-mu termasuk ukuran, bleed, smoothing, dan bahkan kemiringan.

2. Adobe Illustrator Draw

Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk iPad

via Adobe

Meskipun ada opsi yang lebih baru yang telah disediakan oleh Adobe, Illustrator Draw tetap menjadi pilihan yang solid bagi pengguna yang mencari aplikasi menggambar di iPad.

Aplikasi menggambar yang praktis ini memiliki berbagai format yang berbeda yang bisa digunakan termasuk yang sudah jadi dalam mode potret dan lanskap.

Meski desain Illustrator Draw sederhana, tapi ia bisa memenuhi kebutuhan para desainer pemula. Aplikasi bahkan memberikan intro cepat 30 detik sebelum mulai menggunakannya.

Ada dukungan multi-layer yang bisa dibuat dengan cepat, kuas yang dapat disesuaikan, dan bahkan fitur time-lapse yang membuat selang waktu setelah kamu menggambar cukup lama.

Selanjutnya, kamu juga dapat mengirim desain hingga 8K secara langsung ke Behance dengan integrasi yang disediakan.

3. Linea Sketch

Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk iPad

via Line Sketch

Linea Sketch ibuat dengan mempertimbangkan kesederhanaan dan kemudahan penggunaan sambil memberikan pengalaman membuat sketsa dan menggambar yang baik.

Sama seperti Adobe Draw, Linea hadir dengan desain sederhana yang menempatkan tools di sebelah kanan dan palet warna di sebelah kiri. Ada 5 layer pre-set yang dapat digambar oleh artists.

Pemilihan tool-nya bagus dengan opsi untuk menyesuaikan ukuran goresan yang disediakan tepat di samping tool.

Hal berguna yang dimiliki Linea Sketch adalah Color Sets yang menawarkan pilihan Warna Cerah dan Gelap hingga Warna Desain Aplikasi dan abu-abu hangat/netral.

Seniman bahkan bisa membuat palet kustom mereka sendiri. Selain itu, kamu bisa membalik kanvas secara horizontal atau vertikal dan bahkan menguncinya di tempat.

4. Adobe Fresco

Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk iPad

via Adobe

Sebuah aplikasi menggambar yang dibuat khusus untuk iPad dan Apple Pencil, Adobe Fresco adalah tambahan baru perusahaan untuk rangkaian drawing tool mereka.

Dengan menggunakan Fresco, pengguna dapat dengan mudah membuat gambar berbasis raster dan vektor dan menggabungkannya. Karena sistem Cloud Adobe berlaku untuk Fresco, apa pun yang  digambar akan disinkronkan di seluruh platform termasuk desktop.

Selain itu, Anda bahkan dapat mengimpor hasil karyamu ke software lain seperti Adobe Photoshop dan Illustrator untuk memberikan sentuhan tambahan.

Adobe Fresco memiliki perpaduan yang baik dari berbagai tools termasuk pixel brush dan vektor, smudge tool, dan bahkan shape yang dapat dsiisipkan dengan cepat.

Kamu bahkan dapat menyisipkan kotak teks dan memilih gaya dan ukuran font yang sesuai. Jika kamu seniman mencari aplikasi menggambar yang bekerja secara efisien di berbagai platform, cobalah Adobe Fresco.

5. Affinity Designer

Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk iPad

via App Store

Aplikasi menggambar iPad ini adalah port dari versi desktop terkenal yang digunakan oleh banyak seniman untuk membuat logo dan desain.

Meskipun harganya sedikit mahal yakni 19 dollar, Affinity Designer bisa memenuhi kebutuhan profesional karena aplikasi memang dirancang untuk mereka.

Affinity Designer memiliki toolkit lebar yang memiliki lebih dari 100 brush bersama dengan kanvas yang mendukung scala hingga 120fps.

Selain itu, ia juga mendukung pembuatan seni digital dan cetak. Apple Pencil dengan Affinity Designer bekerja dengan memanfaatkan fungsionalitas penuhnya untuk memberikan pengalaman menggambar yang menakjubkan.

Jika kamu seorang seniman profesional, Affinity Designer merupakan salah satu opsi terbaik yang bisa dipilih.

Autodesk Sketchbook adalah contoh yang baik dari kombinasi alat menggambar yang sangat baik, desain yang mudah digunakan, dan integrasi yang baik. Aplikasi peluncuran insta memiliki lebih dari 190 kuas di seluruh toolkitnya yang berkisar dari kuas lama hingga desainer dan seni rupa. Desain aplikasi dikemas dengan animasi cepat.

6. Autodesk Sketchbook

Autodesk Sketchbook

via apps.apple.com

Autodesk Sketchbook adalah contoh dari kombinasi tools menggambar yang bagus, desain yang mudah digunakan, dan integrasi yang baik.

Aplikasi ini memiliki lebih dari 190 brush di seluruh toolkitnya yang berkisar dari brush lama hingga desainer dan seni rupa. Desain aplikasi dikemas dengan swift animations.

Kamu bisa dengan smooth beralih antara alat, desain, dan layer editor dengan hanya satu ketukan. Selain itu, penambahan tools lain seperti Ruler, Guides, and Symmetry menambahkan lebih banyak fitur Autodesk Sketchbook.

Setelah selesai menggambar dan membuat sketsa, kamu bisa dengan mudah menyimpannya ke Dropbox yang terintegrasi langsung. Untuk pengguna Adobe yang ingin mengimpor file Photoshop mereka, Autodesk Sketchbook juga mendukungnya.

7. Concepts

concepts

via apps.apple.com

Selain menggambar, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat ide dan mencatat. Concept bersifat tak terbatas, sehingga kamu bisa mendapatkan kanvas dan membuat layer tak terbatas.

Aplikasi juga cukup fleksibel. Dengannya, kamu bisa menyesuaikan berbagai pintasan dan agar sesuai dengan alur kerjamu.

Namun, perlu diketahui bahwa versi gratis aplikasi memberi pengguna 16 brush dan 5 layer, tetapi untungnya kanvas-nya tak terbatas. Tapi jika ingin mengupgradenya ke versi premium, harganya cukup terjangkau dan bahkan ada uji coba gratis 3 hari.

8. Astropad Standard

Astropad Standard

via apps.apple.com

Astropad Standard memang dibanderol dengan harga cukup mahal yakni  $29.99, tetapi ada alasan bagus untuk itu. Ia bisa mengubah iPad menjadi drawing tab untuk Mac.

Menggunakan aplikasi ini bisa membantumu menggunakan iPad untuk menggambar dengan smooth seperti tablet Wacom saat karyamu ditampilkan di Mac.

Dengan cara ini kamu bisa menggabungkan editing gambar di Mac dan iPad. Astropad Standard menggunakan Apple Pencil secara maksimal dan membantu artists menggambar langsung ke aplikasi seperti PhotoShop, Illustrator, Lightroom, dan banyak lagi.

9. Tayasui Sketches School

Tayasui Sketches School

via app store

Tayasui Sketches School merupakan aplikasi yang diperuntukan untuk anak-anak maupun artist. Ia adalah versi sederhana dari aplikasi utama yang telah diberikan pilihan Editor dan cukup populer. Aplikasi ini dirancang dengan cara yang menyenangkan.

Selain menyediakan banyak tools dan navigasi cepat ke pengaturan, Tayasui School memiliki serangkaian video pembelajaran yang mengajarkan anak-anak cara menggambar sambil menghibur mereka.

Sketsa dapat dibagi menjadi berbagai folder dengan sampul warna-warni. Area menggambar aplikasi punya desain intuitif sehingga anak-anak bisa segera memahami tiap fitur dan menggambar sesuka hati mereka.

Namun, aplikasi bukan hanya diperuntukkan untuk anak-anak. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menuangkan kreativitasmu.

10. Comic Draw

Comic Draw

via app store

Apakah kamu hanya mencoba-coba menggambar komik di iPad dan sedang mencari aplikasi yang cocok? Comic Draw merupakan pilihan tepat.

Aplikasi menggambar iPad ini hanya berfokus untuk menyediakan platform bagi artist yang menggambar komik untuk melepaskan kreativitas mereka.

Meskipun berbayar, Comic Draw hadir dengan uji coba 14 hari. Aplikasi ini memiliki panduan Quickstart dan komik lain bisa digunakan untuk referensi.

11. ShadowDraw: Learn How to Draw

shadowdraw

via app store

Jika ingin belajar cara menggambar tetapi tidak pernah tahu bagaimana memulainya, ShadowDraw: Learn How to Draw akan membantumu.

ShadowDraw akan mengajari cara menggambar dari awal sambil mengajari bagaimana jika terjadi kesalahan. Ia akan memandu pengguna melalui gambar pre-recorded yang muncul step by step.

Pengguna menggambar di atas goresan yang telah ditentukan sebelumnya dan sebelum menyadarinya, mereka memiliki gambar kucing yang lengkap.

Selain koleksi gratis yang menampilkan perpaduan tokoh sejarah, hewan, dan pendidikan, ada kursus berbayar yang akan mengajakmu menggambar prajurit Spartan, Kastil Neuschwanstein, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini dimulai dari dasar dan mengajarkan elemen penting seperti bayangan, menggambar dalam satu garis, dan pembuatan langkah demi langkah.

12. Paper by We Transfer

paper

via app store

Paper adalah aplikasi menggambar sederhana lainnya untuk iPad yang berisi beberapa fitur menarik. Aplikasi ini membagi berbagai sketsa menjadi jurnal yang jatuh ke layar iPad dengan animasi yang cepat.

Desain aplikasi adalah kombinasi yang bagus dari elemen childlike dan desain profesional. Toolkit paper cukup baik dengan tools seperti pensil, pena, dan penghapus.

Fitur menarik dari aplikasi ini adalah mundur dua ketukan yang memungkinkan pengguna menghapus kesalahan dengan mengetuk lalu memutar jari mereka berlawanan arah jarum jam.

Untuk memperkenalkan pengguna baru, Paper menyediakan jurnal interaktif berisi video-video perkenalan aplikasi.

13. Assembly: Graphic Design and Art

assembly

via app store

Apakah kamu suka membuat gambar detail dari suatu bentuk dan ikon vektor? Assembly: Graphic Design and Art adalah aplikasi yang tepat untukmu.

Aplikasi menggambar untuk iPad ini menggabungkan sejumlah stiker, shape, teks, dan style untuk memberikan kebebasan kepada pengguna membuat ilustrasi sesuai keinginan mereka.

Aplikasi didasarkan pada navigasi shape dan memungkinkan pengguna membuat dan menyesuaikan shape sesuai dengan kebutuhan mereka untuk membuat jenis shape yang diinginkan.

Kamu juga bisa memilih Assembly Pro yang memberimu fungsionalitas lebih besar seperti ekspor PDF, font khusus, dan lebih dari 1.000+ bentuk desain untuk dipilih.

14. Art Set 4

Art Set 4

via app store

Art Set 4 berasal dari sederet aplikasi Art Set dan iterasi terbaru yang menawarkan seperangkat tools dan animasi ultra-realistis yang lebih mumpuni.

Desain Art Set sangat bersih dan teratur. Berbagai tools yang disertakan dalam aplikasi terasa sangat jelas penggunaanya dan mudah dipahami bagi pemula.

Aplikasi menggambar terbaik untuk iPad ini menyediakan brush Oil pastels, oil paints, watercolors hingga biro pens, wax crayons, dan banyak lagi.

Diantara berbagai tool tersebut, ada juga berbagai jenis kanvas yang dapat digunakan sebagai latar belakang untuk menggambar.

Palet warna di Art Set 4 juga sangat besar karena pemilihan pensil warna yang banyak. Selain itu, aplikasi ini memiliki daftar opsi pengeditan dan adjustment yang berguna untuk memanipulasi hasil kerjamu.

15. iPastel

ipastel

via app store

iPastels lebih fokus pada lukisan dan ditujukkan untuk para profesional maupun pendatang baru. Desain aplikasi ini sedikit mengingatkan pada alat melukis lama yang mungkin pernah kamu gunakan.

Beberapa pengguna mungkin menganggapnya kuno tapi banyak juga yang menyukainya. iPastels seperti namanya memiliki simulasi pastel yang hidup dan ini berlaku untuk berbagai pastel apakah itu pastel minyak atau soft pastel.

Penutup

Itulah daftar aplikasi menggambar terbaik untuk di iPad yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *